STUDI PENGARUH HAMBATAN PADA SALURAN TERBUKA TERHADAP DISTRIBUSI KECEPATAN ALIRAN = STUDY OF THE EFFECT OF OPEN CHANNEL RESISTANCE ON FLOW SPEED DISTRIBUTION


Lopa, Miftahul Khair (2023) STUDI PENGARUH HAMBATAN PADA SALURAN TERBUKA TERHADAP DISTRIBUSI KECEPATAN ALIRAN = STUDY OF THE EFFECT OF OPEN CHANNEL RESISTANCE ON FLOW SPEED DISTRIBUTION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011191090_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (770kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D011191090_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011191090_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011191090_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2026.

Download (19MB)

Abstract (Abstrak)

Sungai dapat mengalami perubahan morfologi pada bentuk tampang aliran yang disebabkan oleh faktor alam seperti tikungan dan factor manusia seperti pembangunan bangunan air. Adanya halangan yang melintang di sungai berupa bangunan sungai dapat menyebabkan perubahan pola aliran yang disertai dengan gerusan lokal di sekitar bangunan tersebut. Apabila air di hulu melintasi bangunan air maka akan mempunyai energi yang besar sehingga kecepatan aliran yang melintas akan menjadi semakin besar. Kecepatan aliran sangat penting dari berbagai perspektif karena memainkan peran penting dalam pengangkutan sedimen di dasar saluran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu bangunan peredam energi untuk memperlambat aliran sehingga energi dan daya gerusan yang besar bisa berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis distribusi kecepatan dan pola aliran yang didapatkan pada sebelum dan sesudah menggunakan hambatan serta menganalisis pengaruh variasi hambatan terhadap distribusi kecepatan dan pola aliran.
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Hidrolika, Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin dengan menggunakan metode eksperimental. Dalam penelitian ini digunakan tiga variasi kemiringan saluran, dua model ambang, dan tiga variasi debit yang diletakkan di hilir flume berukuran Panjang 900 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 30 cm.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kecepatan rerata yang terjadi setelah menggunakan hambatan akan mengalami penurunan kecepatan aliran, namun sebelum menggunakan hambatan kecepatan aliran akan meningkat. Selain itu, dapat diketahui bahwa semakin kecil kemiringan suatu hambatan maka kecepatan yang tereduksi akan semakin besar. Lalu, dapat diketahui semakin besar debit yang digunakan maka semakin besar pula kecepatan yang didapatkan

Keywords : Saluran Terbuka, Distribusi Kecepatan, Pola Aliran, Hambatan Terendam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Open Channels, Velocity Disribution, Flow Patters, Submerged Resistance
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 07:10
Last Modified: 06 May 2024 07:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32095

Actions (login required)

View Item
View Item