PENGARUH SLOW STROKE BACK MASSAGE TERHADAP INTENSITAS NYERI SENDI LANSIA DI SENTRA GAUMABAJI DAN PANTI TRESNA WREDHA THEODORA


Nugraha, Nova Arya Gilang Messakh (2023) PENGARUH SLOW STROKE BACK MASSAGE TERHADAP INTENSITAS NYERI SENDI LANSIA DI SENTRA GAUMABAJI DAN PANTI TRESNA WREDHA THEODORA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011191051_skripsi_20-12-2023 cover1.png

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011191051_skripsi_20-12-2023 dp.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011191051_skripsi_20-12-2023 1-2.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011191051_skripsi_20-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nova Arya Gilang Messakh Nugraha. R011191051.Pengaruh Slow Stroke Back Massage Terhadap Intensitas Nyeri Sendi Lansia di Sentra Gaumabaji dan Panti Tresna Wredha Theodora, dibimbing oleh Elly Lilianty Sjattar dan Takdir Tahir.

Latar belakang ; Penuaan (aging) adalah suatu proses alami yang dialami oleh manusia yang tidak dapat dihindarkan. Lansia merupakan periode akhir dari kehidupan seseorang dan setiap individu akan mengalami proses penuaan dengan terjadinya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek fisik, psikologis, dan sosial. Rata rata lansia di Indonesia mengalami nyeri pada persendian hal ini mengakibatkan konsumsi obat analgesik terus menerus untuk mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan, dengan mengkonsumsi obat analgesik terus menerus akan mengakibatkan timbulnya masalah baru untuk kesehatan lansia. Maka dari pada itu untuk mengurangi intensitas nyeri sendi yang dirasakan lansia maka digunakan terapi alternatif slow stroke back massage.

Tujuan penlitian : Untuk mengetahui pemberian (Slow-stroke back massage) terhadap intensitas nyeri sendi pada lansia di sentra Gaumabaji Kabupaten Gowa dan panti tresna wredha Theodora.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan one group pre-test post-test sampel sebanyak 17 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan analisis data menggunakan metode univariat dan bivariat.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan pemberian slow stroke back massage lebih baik menurunkan intensitas nyeri sendi pada lansia.

Kesimpulan dan saran : Rata-rata responden mengalami intensitas nyeri sendi berat sampai sedang sebelum diberikan intervensi slow stroke back massage, dan intensitas nyeri sendi berkurang menjadi ringan hingga sedang setelah diberikan intervensi. Saran bagi petugas kesehatan di panti tresna wredha theodora dan sentra gaumabaji untuk memberikan intervensi slow stroke back massage untuk mengurangi intensitas nyeri sendi yang dirasakan lansia yang ada di dalam panti, bagi institusi pendidikan untuk menjadikan penelitan ini sebagai acuan untuk memberikan terapi alternatif pada penatalaksanaan nyeri sendi.

Kata kunci : Pengaruh, slow stroke back massage, lansia

Sumber Literatur : 26 kepustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, slow stroke back massage, lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 06 May 2024 07:04
Last Modified: 06 May 2024 07:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32084

Actions (login required)

View Item
View Item