PELAKSANAAN PENGAWASAN TERHADAP PEMBIARAN BANGUNAN GEDUNG YANG BERDIRI DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI TAMAN WISATA ALAM MALINO = IMPLEMENTATION OF SUPERVISION ON ALLOWING BUILDINGS STAND IN THE CONSERVATION FOREST AREA OF THE MALINO NATURAL TOURIST PARK


Dwiyansha, M Rafly (2023) PELAKSANAAN PENGAWASAN TERHADAP PEMBIARAN BANGUNAN GEDUNG YANG BERDIRI DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI TAMAN WISATA ALAM MALINO = IMPLEMENTATION OF SUPERVISION ON ALLOWING BUILDINGS STAND IN THE CONSERVATION FOREST AREA OF THE MALINO NATURAL TOURIST PARK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B021171512_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B021171512_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B021171512_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B021171512_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK M Rafly Dwiyansha (B021171512), Pelaksanaan Pengawasan Terhadap Pembiaran Bangunan Gedung Di Kawasan Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Malino. Di bawah bimbingan Bapak Syamsul Bachri Sebagai Pembimbing I, dan Bapak Muhammad Zulfan Hakim Sebagai Pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengawasan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Gowa terhadap bangunan gedung yang berdiri pada kawasan hutan konservasi tanpa memiliki izin yang sah dari pemerintah Kabupaten Gowa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan data penelitian yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara langsung terhadap instansi terkait, sedangkan data sekunder bersumber dari peraturan perundang-undangan dan literatur atau bahan bacaan terkait. Adapun hasil penelitian ini, yaitu Pertama, Dinas PUPR Kab.Gowa dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai perangkat daerah yang diberi kewenangan melakukan pengawasan bangunan gedung dan kawasan hutan konservasi di kabupaten Gowa tidak berjalan efektif sebagaimana diatur dalam Perda RTRW kabupaten Gowa. Hal ini disebabkan karena kurangnya petugas penanggung jawab yang dimiliki Dinas PUPR Kabupaten Gowa untuk mengawasi delapan belas Kecamatan dengan sembilan diantaranya berada pada dataran tinggi yang mengakibatkan sulitnya menjangkau daerah-daerah tersebut. Kedua, Faktor yang menjadi penghambat dalam pengawasan terhadap bangunan gedung di kawasan hutan konservasi TWA Malino ialah kurangnya jumlah petugas yang dimiliki oleh Dinas PUPR Kabupaten Gowa dan akibat dari belum adanya sosialisasi dan pemberian sanksi yang tegas mengakibatkan pemilik bangunan yang berdiri pada kawasan hutan konservasi menjadi tak acuh dan tidak mengetahui mengenai pentingnya memiliki izin dari pemerintah.

Keywords : BANGUNAN GEDUNG, HUTAN KONSERVASI, SANKSI ADMINISTRATIF

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Building, Conservation Forest, Administrative Sanctions
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 06:57
Last Modified: 06 May 2024 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32078

Actions (login required)

View Item
View Item