Rasyid, Faranita (2023) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL DAN LOAD FACTOR PENUMPANG BRT TRANS MAMMINASATA PADA KONDISI BERBAYAR = OPERASIONAL PERFORMANCE ANALYSIS AND LOAD FACTOR OF TRANS MAMMINASATA BRT PASSENGERS WITH PAID CONDITION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D011191026_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg
Download (239kB) | Preview
D011191026_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D011191026_skripsi_15-11-2023 dp.pdf
Download (1MB)
D011191026_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Transportasi publik memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu kota atau wilayah. Dengan adanya transportasi publik, segala aktivitas produksi atau pelayanan dapat terlaksana dengan baik. Salah satu contoh alat transportasi yang berkembang saat ini adalah transportasi massal berbasis bus. Transportasi publik ini diharapkan dapat menunjang mobilitas masyarakat dan menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengurangi kemacetan, khususnya di kota Makassar yang lalu lintas kendaraannya semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelayanan jasa yang disediakan oleh BRT Trans Mamminasata dengan menganalisis kinerja operasional BRT Trans Mamminasata seperti load factor, headway, dan waktu tempuh. Dalam penelitian ini, pengambilan data diperoleh dengan melakukan survey on bus atau pelaksanaan survei secara langsung di atas bus pada dua koridor yaitu koridor 3 dan koridor 4. Data yang diperoleh adalah jarak antar halte, waktu tempuh, dan jumlah penumpang dengan jumlah sampel yang diambil setiap koridor sebanyak 40 bus. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 bus untuk 2 koridor. Hasil dari analisis data memperoleh nilai rata – rata load factor pada koridor 3 di hari kerja sebesar 18% dan di hari libur sebesar 8%. Rata – rata load factor pada koridor 4 di hari kerja sebesar 26% dan di hari libur sebesar 8%. Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa dengan persentase load factor yang kecil membuat kapasitas bus masih terdapat banyak ruang disebabkan karena pengguna BRT masih relatif sedikit. Rata – rata headway pada koridor 3 di hari kerja dan hari libur sebesar 9, dan rata – rata headway pada koridor 4 di hari kerja sebesar 10 menit dan di hari libur sebesar 9 menit. Rata – rata waktu tempuh koridor 3 di hari kerja sebesar 55 menit dan di hari libur 50 menit, dan rata – rata waktu tempuh koridor 4 di hari kerja sebesar 44 menit dan di hari libur sebesar 40 menit. Berdasarkan hasil tersebut, koridor 3 dan koridor 4 telah memenuhi syarat Indikator Standar Pelayanan Angkutan Umum.
Keywords : Transportasi Publik, BRT Trans Mamminasata, Load Factor, Headway, Waktu Tempuh
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Transportation, Trans Mamminasata BRT, Load Factor, Headway, Travel Time |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:30 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:30 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32062 |