Studi Critical Success Factors Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Unit Pengadaan BP2JK Kemeterian PUPR) = Study Of Critical Success Factors Government Procurement In Construction Project (Case Study : Procurement Unit Of The PUPR Ministry)


Ramadhani, Fitrhi (2023) Studi Critical Success Factors Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Unit Pengadaan BP2JK Kemeterian PUPR) = Study Of Critical Success Factors Government Procurement In Construction Project (Case Study : Procurement Unit Of The PUPR Ministry). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011191011_skripsi_09-08-2023 caver1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011191011_skripsi_09-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011191011_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011191011_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

FITRHI RAMADHANI. Studi Critical Success Factors Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah Pada Proyek Konstruksi Studi Kasus : Unit Pengadaan BP2JK Kementerian PUPR (dibimbing oleh Rosmariani Arifuddin dan M. Asad Abdurrahman)
Pengadaan Barang dan Jasa adalah kegiatan pengadaan barang dan jasa oleh Kementrian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya dimulai dari identifikasi kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Proses pengadaan pada proyek konstruksi yang menerapkan system e-propcurement berupaya mendukung ekonomi negara dengan memastikan efektivitas dalam proses pengadaan barang dan jasa. Proses pengadaan pada proyek konstruksi di beberapa negara masih menghadapi banyak tantangan. Hal yang sama di Indonesia, proses pengadaan pemerintah di sektor konstruksi Indonesia berdasarkan data dari Balai Pelaksana Pemilihan Barang dan Jasa Konstruksi (BP2JK) masih menghadapi berbagai permasalahan.
Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tingkat signifikansi antar faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengadaan barang dan jasa pada proyek konstruksi serta merumuskan model hubungannya dengan studi kasus pada pengadaan barang dan jasa pada jasa konstruksi pemerintah melalui Balai Pelaksana Pemilihan Barang dan Jasa Konstruksi (BP2JK) Kementerian PUPR di Indonesia.
Metode penelitian dengan pengumpulan data melalui studi literatur, survei kuesioner dan analisis dengan Structural Equation Modeling software SmartPLS 4 untuk mengidentifikasi critical success factors yang mempengaruhi efektivitas pengadaan barang dan jasa pada proyek konstruksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi efektivitas pengadaan barang dan jasa proyek konstruksi berdasarkan studi literatur dan hasil olah data dari para tim Balai Pelaksana Pemilihan Barang dan Jasa Kostruksi (BP2JK) meliputi: (i) faktor regulasi, (ii) faktor organisasi, (iii) faktor sumber daya manusia, (iv) faktor sistem informasi, (v) faktor proses bisnis dan (vii) faktor monitoring dan evaluasi

Kata Kunci : Critical Success Factors, Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi. BP2JK, Pemerintah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Critical Success Factors, Procurement of Construction Goods and Services. BP2JK, Government
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 06:19
Last Modified: 06 May 2024 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32058

Actions (login required)

View Item
View Item