ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA MENGGUNAKAN METODE BOWTIE PADA PROYEK SUNSET QUAY A MAKASSAR = RISK ANALYSIS OF WORK ACCIDENTS USING THE BOWTIE METHOD ON SUNSET QUAY A PROJECT MAKASSAR


Putri, Nur Fajrina Rameta (2023) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA MENGGUNAKAN METODE BOWTIE PADA PROYEK SUNSET QUAY A MAKASSAR = RISK ANALYSIS OF WORK ACCIDENTS USING THE BOWTIE METHOD ON SUNSET QUAY A PROJECT MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011181527_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011181527_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011181527_skripsi_15-11-2023 dp.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011181527_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Proses konstruksi pada proyek biasanya membutuhkan waktu yang ketat dan kompleks sehingga dapat menimbulkan ketidakpastian yang akan menyebabkan berbagai macam risiko yang menghambat pelancaran proyek. Sebagai upaya untuk mengurangi dampak yang merugikan tujuan fungsional dari suatu proyek maka perlu adanya suatu sistem manajemen K3 yang baik dan tepat untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya resiko kecelakaan kerja. Metode Bowtie analysis adalah metode yang sangat efisien dikarenakan metode ini akan didapatkan penyebab, dampak, dan kontrol. dari kemungkinan kecelakaan kerja yang dapat dimanfaatkan dalam memitigasi risiko kecelakaan kerja dalam suatu proyek konstruksi.
Penelitian ini merupakan studi kasus untuk mengidentifikasi dan menganalisis risiko kecelakaan kerja pada proyek Sunset Quay A CitraLand City Losari Makassar yang dilakukan berupa survey dengan cara menjaring pendapat atau persepsi, pengalaman, dan sikap responden mengenai faktor-faktor risiko yang dominan terjadi.
Hasil dari penelitian ini adalah mengatahui risiko kecelakaan kerja yang paling dominan yaitu pada variabel 8a (Pekerja tertimpa material pada saat pengangkatan) dan 8e (Pekerja terjatuh dari ketinggian). Setelah itu digunakan metode bowtie untuk menganalisis penyebab dari risiko pekerja
tertimpa material pada saat pengangkatan adalah berat beban material, cuaca ekstrim, kondisi Kesehatan operator mobile crane, keausan dan korosi pada kawat sling mobile crane, dan metode pengoperasian mobile crane. Sedangkan, dampaknya yaitu pekerja luka ringan hingga berat bahkan kematian akibat tertimpa material dan material rusak akibat terjatuh saat pengangkatan. Penyebab dari risiko pekerja terjatuh dari ketinggian adalah pekerja ceroboh/tidak fokus/kelelahan, tidak ada alat pengaman di lokasi pekerjaan, dan fasilitas kebersihan lokasi yang kurang mendukung. Sedangkan, dampaknya yaitu pekerja luka ringan dan pekerja luka berat hingga kematian. Selain penyebab dan dampaknya, pada metode bowtie ini juga dianalisis kontrol untuk masing-masing penyebab, kontrol untuk masing-masing dampak, faktor eskalasi, dan kontrol faktor eskalasi.

Keywords : Analisis Risiko, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Metode Bowtie Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Risk Analysis, Occupational Health and Safety, Bowtie Analysis Method.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 06:05
Last Modified: 06 May 2024 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32043

Actions (login required)

View Item
View Item