STUDI PERBANDINGAN PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN METODE LINE OF BALANCE (LOB) DAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) = COMPARISON STUDY OF CONSTRUCTION PROJECT SCHEDULING WITH LINE OF BALANCE (LOB) METHOD AND PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM)


Fatimah, Andi Nurul (2023) STUDI PERBANDINGAN PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN METODE LINE OF BALANCE (LOB) DAN PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) = COMPARISON STUDY OF CONSTRUCTION PROJECT SCHEDULING WITH LINE OF BALANCE (LOB) METHOD AND PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011181516_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D011181516_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011181516_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011181516_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam pelaksanaan proyek sering terjadi keterlambatan yang menyebabkan kerugian baik dari segi waktu dan biaya serta penyimpangan kualitas penyelesaian proyek. Oleh karena itu diperlukan penjadwalan proyek yang baik. Di dalam industri konstruksi dikenal beberapa metode penjadwalan proyek diantaranya adalah line of balance (LoB) dan precedence diagram method (PDM).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing metode yakni LoB dan PDM jika diterapkan pada proyek konstruksi serta membandingkan kedua metode penjadwalan tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data proyek berupa rencana anggaran biaya (RAB) dan kurva S proyek. Kemudian dilakukan penjadwalan ulang dengan metode line of balance dan precedence diagram method.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain adalah penggunaan metode penjadwalan proyek line of balance (LoB) dan precedence diagram method (PDM) dapat memberikan penjadwalan proyek dengan penggunaan sumber daya yang tak terputus (kontinyu). Pada proyek pembangunan Gedung Covid Center yang menjadi studi kasus dalam penelitian ini diperoleh durasi waktu 101 hari. Kelemahan dari metode LoB adalah tidak terlihat hubungan ketergantungan yang jelas antar pekerjaan. Maka metode PDM dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Perpaduan kedua metode dapat memberikan penjadwalan yang efektif baik dari kontinyuitas penggunaan sumber daya maupun hubungan ketergantungan antar pekerjaan.

Keywords : Penjadwalan Proyek, Line of Balance, Precedence Diagram Method, LoB, PDM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Scheduling, Line of Balance, Precedence Diagram Method, LoB, PDM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 02:12
Last Modified: 06 May 2024 02:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32027

Actions (login required)

View Item
View Item