ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG UPBJJ-UT MAKASSAR = AN ANALYSIS OF DELAY FACTORS IN THE IMPLEMENTATION OF THE UPBJJ-UT MAKASSAR BUILDING DEVELOPMENT PROJECT


Apmon, Amos (2023) ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG UPBJJ-UT MAKASSAR = AN ANALYSIS OF DELAY FACTORS IN THE IMPLEMENTATION OF THE UPBJJ-UT MAKASSAR BUILDING DEVELOPMENT PROJECT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011181512_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D011181512_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011181512_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011181512_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Dewasa ini sarana pembangunan gedung dan infrastruktur makin dibutuhkan seiring berkembangnya zaman. Terutama di kota-kota besar dunia yang semakin pesat sejalan dengan pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan untuk menunjang ekomoni. Keterlambatan proyek konstruksi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Peran aktif manajemen merupakan salah satu kunci utama keberhasilan pengelolaan proyek. Kendala dalam bidang manajemen seperti kesalahan melakukan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang berpengeruh terhadap keterlambatan proyek pembangunan Gedung UPBJJ-UT Makassar dan menganalisis akar permasalahan yang berperan penting untuk mengatasi keterlambatan pekerjaan pada proyek pembangunan Gedung UPBJJ-UT Makassar.
Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proyek tersebut yaitu dari pihak kontraktor dan juga dari data pada kurva S proyek.
Dari hasil analisa penelitian yang dilakukan, diperoleh faktor utama yang menjadi penyebab kerterlambatan pelaksanaan proyek pembanguan tersebut adalah faktor cuaca, faktor lain yang menjadi penyebab keterlambatan adalah proses galian basement yang belum selesai, banjir pada area galian tanah, kurangnya jumlah pekerja. Selain itu solusi atau upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak dari faktor tersebut yaitu Melakukan penyedotan air pada lokasi yang tergenang air, menambahkan alat pada proses galian tanah dan memaksimalkan pada proses pengangkutan galian ke luar lokasi, memasang tenda khusus pada area- area kerja tertentu dan menyediakan mantel hujan bagi pekerja, mempercepat durasi pekerjaan dengan cara menambah shift kerja

Keywords : Keterlambatan Waktu, Kurva S

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Time Delay, S Curve
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 05:58
Last Modified: 06 May 2024 05:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32021

Actions (login required)

View Item
View Item