PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PENGATURAN PRODUK HALAL INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN = LEGAL PROTECTION FOR CONSUMERS IN REGULATION OF HALAL PRODUCTS IN THE HOME FOOD INDUSTRY


Haryanti, Tuti (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PENGATURAN PRODUK HALAL INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN = LEGAL PROTECTION FOR CONSUMERS IN REGULATION OF HALAL PRODUCTS IN THE HOME FOOD INDUSTRY. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B013181002_disertasi_09-01-2023 cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B013181002_disertasi_09-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B013181002_disertasi_09-01-2023 dp.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B013181002_disertasi_09-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menemukan prinsip perlindungan hukum bagi konsumen produk halal. (2) Untuk menganalisis dan mengkaji subtansi pengaturan jaminan produk halal secara materil telah menjamin kepastian hukum bagi konsumen produk halal industri rumah tangga. (3) Untuk merumuskan model pengawasan terhadap industri rumah tangga yang dapat menjamin perlindungan hukum bagi konsumen atas ketersediaan produk halal.Tipe penelitian ini adalah normatif yang didukung dengan data empiris yang dilakukan dengan menggunakan depth interview. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis, pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Bahan hukum serta data hasil wawancara akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prinsip perlindungan hukum bagi konsumen produk halal terdiri atas prinsip ketaatan, prinsip perlindungan, prinsip keadilan dan prinsip iktikad baik. Perintah mengonsumsi makanan halal mengandung nilai spiritual, moral dan utility yang sesuai dengan falsafah Pancasila sebagai cita hukum. (2) Pemerintah telah mengesahkan pengaturan jaminan produk halal sebagai upaya penegakan perlindungan dan kepastian hukum konsumen. Namun secara substansial pengaturan jaminan produk halal masih bersifat parsial, inkonsisten, multitafsir sehingga belum menjamin kepastian hukum bagi konsumen produk halal. (3) Model pengawasan yang tepat bagi industri rumah tangga pangan dalam menjamin ketersediaan produk halal dilakukan berdasarkan konsep integratif dan holistik. Pengendalian dan edukasi secara holistik dilakukan oleh lembaga pengawas yang mempunyai integritas tinggi. Pengawasan tersebut dilakukan secara intensif untuk membangun kesadaran pelaku usaha sehingga mampu mewujudkan perlindungan hak dasar konsumen atas produk halal industri rumah tangga.

Kata Kunci: Konsumen, Jaminan Produk Halal, Industri Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Consumers, Halal Product Assurance, Home Industry
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:30
Last Modified: 25 Apr 2024 06:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32020

Actions (login required)

View Item
View Item