KAJIAN PENERAPAN GREEN BUILDING PADA BANGUNAN EXISTING = STUDY OF APPLICATION OF GREEN BUILDING IN EXISTINGS BUILDINGS


Pratiwi, Nur Insani Nindi (2023) KAJIAN PENERAPAN GREEN BUILDING PADA BANGUNAN EXISTING = STUDY OF APPLICATION OF GREEN BUILDING IN EXISTINGS BUILDINGS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011181506_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D011181506_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011181506_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011181506_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Permasalahan pemanasan global (global warming) merupakan isu lingkungan saat ini yang menjadi perhatian banyak pihak dan untuk menanggulanginya diterapkan konstruksi berkelanjutan dimana dalam menjalankan konstruksi berkelanjutan terdapat konsep green (hijau). Konsep konstruksi hijau diterapkan dalam setiap proses konstruksi mulai saat proses desain, pengadaan material, pemilihan kontraktor proses konstruksi, tahap operasional, dan perawatan bangunan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis penerapan Green Building pada Gedung Classroom Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin berdasarkan kriteria Greenship Existing Building versi 1.1 dan juga memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan pada Gedung Classroom Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin untuk meningkatkan nilai peringkat bangunan hijau pada gedung yang sesuai dengan kriteria Greenship.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Greenship Rating Tools untuk gedung terbangun. Penilaian dilakukan dengan metode wawancara dengan civitas academica Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, penyebaran kuesioner dengan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin untuk mengetahui tingkat kenyamanan gedung dan juga pengamatan secara langsung untuk menilai tingkat greenship dari Gedung Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.
Dari pengukuran dan analisis penilaian kriteria green building berdasarkan perangkat penilaian Greenship untuk Gedung Terbangun yang telah dilakukan pada Gedung Classroom Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin diperoleh hasil bahwa Gedung Classroom memenuhi lima syarat kelayakan bangun, diantaranya: luas minimum gedung, kesesuaian gedung terhadap RT/RW, memiliki dokumen lingkungan AMDAL, kesesuaian terhadap standar keselamatan untuk kebakaran, dan kesesuaian gedung terhadap standar ketahanan gempa. Gedung Classroom hanya memenuhi 2 (dua) prasyarat dari kategori Greenship, diantaranya: Kategori Siklus dan Sumber Daya Material telah memenuhi satu dari tiga prasyarat dan Kategori Kesehatan dan Kenyamanan dalam Ruang telah memenuhi satu dari dua prasyarat. Gedung Classroom memperoleh total poin sebesar 16 poin dari 117 poin maksimal, sehingga gedung belum bisa dikatakan bangunan Green menurut Greenship.

Keywords : Green Builing, Greenship, Gedung Classroom FT-UH

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Green Building, Greenship, Classroom Building FT-UH
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 02:04
Last Modified: 06 May 2024 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32012

Actions (login required)

View Item
View Item