Penggunaan Bagan Kendali Hybrid Exponentially Weighted Moving Average (HEWMA) Pada Data Produksi Roti di D'roti Bakery & Cake = The use of Hybrid Exponentially Weighted Moving Average (HEWMA) Control Chart in Bread Production Data at D'roti Bakery & Cake


Pratiwi, Yasmin (2023) Penggunaan Bagan Kendali Hybrid Exponentially Weighted Moving Average (HEWMA) Pada Data Produksi Roti di D'roti Bakery & Cake = The use of Hybrid Exponentially Weighted Moving Average (HEWMA) Control Chart in Bread Production Data at D'roti Bakery & Cake. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H051191057_skripsi_26-10-2023 caver1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H051191057_skripsi_26-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H051191057_skripsi_26-10-2023 dp.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H051191057_skripsi_26-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Upaya untuk memonitoring proses produksi merupakan tindakan pengendalian kualitas yang harus dilakukan agar dapat meminimalisir kecacatan pada produk. Untuk melakukan pengendalian kualitas, salah satu alat yang dapat digunakan yaitu bagan kendali yang memberikan gambaran secara visual tentang perilaku sebuah proses dalam kondisi yang terkendali atau tidak. Bagan kendali yang umum digunakan adalah bagan kendali Shewhart, tetapi peta kendali ini dinilai kurang sensitif dalam mendeteksi pergeseran mean proses yang kecil. Berdasarkan kelemahan tersebut, dikembangkan bagan pengendali alternatif yang dapat mendeteksi pergeseran mean proses yang kecil secara efektif yang disebut bagan kendali EWMA. Upaya untuk semakin meningkatkan sensitifitas bagan kendali dilakukan dengan menggunakan penggabungan dua bagan kendali EWMA yang disebut bagan kendali HEWMA, sehingga pergeseran mean proses yang kecil dapat dideteksi lebih cepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui performa bagan kendali HEWMA dalam mendeteksi pergeseran kecil pada proses produksi roti di D'Roti Bakery & Cake yang dibandingkan dengan bagan kendali EWMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagan kendali HEWMA mampu mendeteksi out of control yang lebih banyak dan menghasilkan nilai ARL yang relatif lebih kecil untuk setiap nilai lambda dan k yang digunakan dibandingkan dengan bagan kendali EWMA sehingga dapat disimpulkan bahwa performa bagan kendali HEWMA lebih baik dalam mendeteksi pergeseran mean proses yang kecil daripada bagan kendali EWMA berdasarkan jumlah data yang out of control dan nilai ARL.

Kata Kunci: Bagan kendali, EWMA, HEWMA, pergeseran mean proses, ARL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Control chart, EWMA, HEWMA, process mean shift, ARL.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Statistika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 May 2024 07:25
Last Modified: 03 May 2024 07:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31979

Actions (login required)

View Item
View Item