EFEKTIVITAS HUKUM TERHADAP PENJATUHAN PIDANA BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PEREDARAN/KEPEMILIKAN SENJATA API ILEGAL DI KABUPATEN MANOKWARI (Suatu Kajian Sosiologi Hukum) = LAW EFFECTIVENESS OF CRIMINAL IMPOSITION FOR CRIMINALS IN THE CIRCULATION/ILLEGAL POSSESSION OF FIREARMS IN MANOKWARI REGENCY


Marianus, Hardianto (2023) EFEKTIVITAS HUKUM TERHADAP PENJATUHAN PIDANA BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PEREDARAN/KEPEMILIKAN SENJATA API ILEGAL DI KABUPATEN MANOKWARI (Suatu Kajian Sosiologi Hukum) = LAW EFFECTIVENESS OF CRIMINAL IMPOSITION FOR CRIMINALS IN THE CIRCULATION/ILLEGAL POSSESSION OF FIREARMS IN MANOKWARI REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012212001_tesis_11-05-2023 cover1.jpg

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012212001_tesis_11-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012212001_tesis_11-05-2023 dp.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012212001_tesis_11-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK Hardianto Marianus (B012212001) dengan judul “Efektivitas Hukum Terhadap Penjatuhan Pidana Bagi Pelaku Tindak Pidana Peredaran/Kepemilikan Senjata Api Ilegal di Kabupaten Manokwari” dibawah bimbingan Muhadar dan Hasbir Paserangi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertimbangan hukum Hakim dalam memutus penjatuhan pidana kejahatan kepemilikan/peredaran senjata api di Pengadilan Negeri Manokwari Papua Barat dan untuk menganalisis efektivitas pemidanaan terhadap pelaku kejahatan kepemilikan /peredaran senjata api di Pengadilan Negeri Manokwari dalam kaitannya dengan pencegahan tindak pidana terhadap keamanan negara. Penelitian ini merupakan penelitian normatif empiris yang menggunakan metode penelitian wawancara dan kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini, yaitu (1) Majelis Hakim senantiasa mempertimbangkan hal-hal yang bersifat yuridis dan non yuridis yakni keadaan yang memberatkan dan meringankan yang tertuang dalam putusan. Majelis Hakim mempertimbangkan perbuatan dan delik, alat bukti, hal yang memberatkan dan meringankan serta fakta lainnya yang terungkap di persidangan, dan (2) Efektivitas pemidanaan terhadap pelaku kejahatan kepemilikan/peredaran senjata api di Pengadilan Negeri Manokwari dalam kaitannya dengan pencegahan tindak pidana terhadap keamanan negara belum maksimal. Terdapat faktor-faktor yang mempegaruhi peredaran dan kepemilikan senjata api ilegal diantaranya masyarakat merasa puas dan bangga dengan kepemilikan senjata api, kurangnya pengawasan oleh Kepolisian terkait Peredaran dan Kepemilikan Senjata Api Ilegal, sulitnya prosedur kepemilikan senjata api yang memiliki izin, perdagangan senjata api gelap dengan harga jual yang murah dan proses yang mudah, dan kurangnya hukuman yang maksimal kepada pemilik senjata api ilegal. Efektivitas penegakan hukum dalam peredaran dan kepemilikan senjata api ilegal juga dipengaruhi oleh faktor undang-undang, faktor penagak hukum, faktor sarana dan fasilitas penunjang, faktor masyarakat dan faktor budaya.

Kata Kunci : Efektivitas, Pidana, Sanksi, Senjata Api Ilegal

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Criminal, Sanctions, Illegal Firearms
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 May 2024 07:24
Last Modified: 03 May 2024 07:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31977

Actions (login required)

View Item
View Item