Isolasi dan Identifikasi Gen fbpA pada Mycobacterium tuberculosis dari Pasien MDR-TB (Multi-Drug Resistant Tuberculosis) di Kota Makassar = Isolation and Identification of the fbpA Gene in Mycobacterium tuberculosis from MDR-TB (Multi-Drug Resistant Tuberculosis) Patients in Makassar City


Wahyudi, Dedeng (2023) Isolasi dan Identifikasi Gen fbpA pada Mycobacterium tuberculosis dari Pasien MDR-TB (Multi-Drug Resistant Tuberculosis) di Kota Makassar = Isolation and Identification of the fbpA Gene in Mycobacterium tuberculosis from MDR-TB (Multi-Drug Resistant Tuberculosis) Patients in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H041181017_skripsi_27-10-2023 caver1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H041181017_skripsi_27-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H041181017_skripsi_27-10-2023 dp.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H041181017_skripsi_27-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Berbagai upaya telah dilakukan dalam mengatasi penyakit TB (Tuberkulosis) termasuk penggunaan antibiotik, namun pada beberapa kasus terjadi resistensi obat. Biomarker pengobatan dapat menjadi alternatif untuk mendiagnosis pasien telah sembuh total atau belum sembuh dari penyakit TB. Gen fbpA memiliki peranan dalam pelekatan Mycobacterium tuberculosis terhadap jaringan manusia oleh karena itu gen fbpA berpotensi untuk dijadikan sebagai biomarker pengobatan. Penelitian mengenai Isolasi dan Identifikasi Gen fbpA pada Mycobacterium tuberculosis dari Pasien MDR-TB (Multi-Drug Resistant Tuberculosis) di Kota Makassar telah dilakukan pada bulan Maret – April 2023 di Unit Tuberkulosis HUM-RC (Hasanuddin University Medical Research Center), Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Makassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengisolasi dan mengidentifikasi gen fbpA dari sampel sputum pasien MDR-TB. Adapun manfaat penelitian dapat mengetahui potensi gen fbpA sebagai biomarker pengobatan terhadap TB dengan deteksi gen fbpA 900 bp dan sebagai referensi tambahan untuk penelitian dan analisis terkait gen fbpA yang akan datang. Dalam penelitian ini digunakan 10 sampel sputum yang diperoleh dari Unit Tuberkulosis HUM-RC, Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Makassar. Metode yang digunakan terdiri atas dekontaminasi sampel sputum, pewarnaan ZN (Ziehl-Neelsen) dan pemeriksaan BTA (Bakteri Tahan Asam), isolasi DNA, amplifikasi gen fbpA dengan teknik PCR (Polymerase Chain Reaction), dan elektroforesis gel produk PCR. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya terbentuk pita (band) DNA yang terbentuk pada setiap sampel dengan ketebalan atau terang yang berbeda-beda karena faktor dari konsentrasi DNA yang dikandungnya.

Kata kunci: Isolasi, Identifikasi, Gen fbpA, MDR-TB, PCR, Elektroforesis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Isolation, Identification, fbpA Gene, MDR-TB, PCR, Electrophoresis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Biologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:20
Last Modified: 25 Apr 2024 06:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31900

Actions (login required)

View Item
View Item