Pelaksanaan E-Government Dalam Rangka Tata Kelola Pemerintahan Melalui Program Sombere Smart City Di Kota Makassar


Triadi, Richal Andry (2022) Pelaksanaan E-Government Dalam Rangka Tata Kelola Pemerintahan Melalui Program Sombere Smart City Di Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181320_skripsi_12-09-2022 cover1.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181320_skripsi_12-09-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181320_skripsi_12-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181320_skripsi_12-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pelaksanaan pelayanan berbasis elektronik (E-Government) bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, dan transparan serta mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, sehingga dengan diadakannya pelayanan berbasis elektronik akan terwujudnya suatu pelayanan yang bersih serta berkualitas dengan tidak adanya segala bentuk penyimpangan dalam pelayanan berbasis elektronik. Keterbukaan informasi yang bisa diakses oleh publik melalui implementasi e-government menjadi suatu keharusan dan harus diatur oleh kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah termasuk implementasi e-government di Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan e-government melalui program Smart Governance di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian naratif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa pelaksanaan e-government melalui program Smart Governance di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar terbagi atas tiga dimensi, yaitu pertama Layanan Publik telah menerapkan prinsip efektif, efisien dan transparan dengan optimal dilihat dari pelayanan yang memudahkan masyarakat melalui sistem perizinan berbasis online juga ketersediaan fasilitas penunjang dan laman yang dapat diakses masyarakat. Kedua Birokrasi dilihat dari segi efektifitas dan efisiensi birokrasi berjalan secara terstruktur dan dari segi transparansi pun demikian. Dan Ketiga Kebiijakan Publik bahwa masyarakat secara terbuka dapat mengetahui ataupun mengakses kebijakan publik yang diterapkan pada PTSP Bintang Lima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Government, Tata Kelola Pemerintahan, Smart Governance
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 25 Apr 2024 00:33
Last Modified: 25 Apr 2024 00:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31839

Actions (login required)

View Item
View Item