Manajemen Risiko Produksi dan Penerimaan Usahatani Jagung di Desa Labuku, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang = Risk Management of Production and Acceptance of Corn Farming in Labuku Village, Maiwa District, Enrekang Regency


Nurhaeni, Nurhaeni (2023) Manajemen Risiko Produksi dan Penerimaan Usahatani Jagung di Desa Labuku, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang = Risk Management of Production and Acceptance of Corn Farming in Labuku Village, Maiwa District, Enrekang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191158_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191158_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191158_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191158_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kabupaten Enrekang merupakan wilayah yang memiliki potensi dibidang pertanian yang perlu dikembangkan terutama tanaman jagung. Tanaman jagung yang menjadi salah satu sentra produksi di wilayah ini sangat membantu perekonomian masyarakat sehingga sebagian besar penduduk melakukan usahatani jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber-sumber risiko produksi dan risiko penerimaan, menganalisis dampak dan probabilitas risiko produksi petani jagung dan menganalisis strategi penanganan risiko pada petani dengan peta risiko usahatani jagung di Desa Labuku, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemetaan risiko dan strategi penanganan risiko. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa kejadian merugikan yang terdapat pada kegiatan produksi adalah risiko sistem (sistem kontrak, sistem pengembalian modal, dan pengaturan waktu tanam sepanjang tahun), risiko proses produksi (melakukan produksi sesuai dengah SOP), risiko sumberdaya manusia (kelalaian pencatatan, kerusakan moral, dan kecelakaan kerja), risiko eksternal (iklim, hama, dan penyakit). Risiko harga yang teridentifikasi adalah adanya fluktuasi benih, pupuk, bahan-bahan pestesida, dan harga jual gabah kering panen. Hasil pemetaan dan pengklasifikasian sumber-sumber risiko ini, menunjukkan pencampuran pupuk kimia, pengaturan musim tanam, dan pengaruh iklim memiliki tingkat probabilitas dan dampak kejadian yang besar. Berdasarkan analisa yang dilakukan, menunjukkan risiko produksi memiliki dampak besar dan probabilitas kecil, sedangkan risiko penerimaan memiliki probabilitas dan dampak besar.

Keywords : Usahatani Jagung; Risiko Produksi; Risiko Penerimaan; Pemetaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corn farming; production risk; acceptance risk; mapping
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:12
Last Modified: 24 Apr 2024 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31826

Actions (login required)

View Item
View Item