ANALISIS KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOK UMKM CAHAYA BINTANG CAKRAWALA DI KOTA GORONTALO = ANALYSIS OF SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PERFORMANCE OF UMKM CAHAYA BINTANG CAKRAWALA IN GORONTALO CITY


Zahra, A. Putri Ayu Wiummu (2023) ANALISIS KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOK UMKM CAHAYA BINTANG CAKRAWALA DI KOTA GORONTALO = ANALYSIS OF SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PERFORMANCE OF UMKM CAHAYA BINTANG CAKRAWALA IN GORONTALO CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191143_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191143_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191143_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191143_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Jagung merupakan salah satu komoditi yang ditetapkan pemerintah sebagai komoditi unggulan Provinsi Gorontalo. Namun, sebagian besar hasil produksi jagung di Provinsi Gorontalo masih dijual dalam bentuk mentah atau sebagai pakan ternak saja. Menurut hasil observasi ditemukan bahwa produk olahan jagung di Kota Gorontalo masih kurang dibandingkan olahan komoditi lainnya. UMKM Cahaya Bintang Cakrawala merupakan salah satu usaha yang melakukan pengolahan pada komoditi jagung. Pada pelaksanaan usahanya, masih terdapat permasalahan yaitu UMKM ini masih melakukan penanganan bahan baku secara manual dengan bergantung pada cuaca yang dapat mempengaruhi pemenuhan permintaan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan analisis kinerja manajemen rantai pasok yang bertujuan untuk mengetahui kinerja manajemen rantai pasok UMKM Cahaya Bintang Cakrawala serta memberikan rekomendasi evaluasi terhadap aktivitas kinerja yang perlu diperhatikan. Kinerja manajemen rantai pasok UMKM Cahaya Bintang Cakrawala dianalisis dengan model SCOR dan AHP. Hasil penilaian terhadap kinerja manajemen rantai pasok UMKM Cahaya Bintang Cakrawala yaitu 84,05 yang masuk ke dalam kategori good atau baik walaupun usaha ini masih perlu memperbaiki beberapa aktivitas manajemen untuk mencegah permasalahan lainnya di masa depan. Indikator kinerja yang masih memiliki kinerja rendah diantaranya pada tingkat fleksibelitas pekerja dalam memenuhi pesanan yang masuk, jangka waktu dalam inovasi produk, serta respon pengusaha dalam penggantian produk yang rusak. Rekomendasi evaluasi yang dapat diberikan yaitu melakukan investasi pada pengadaan mesin pengering, melakukan penetapan target inovasi rutin, serta melakukan perekrutan tenaga kerja yang bertanggungjawab pada pelayanan komunikasi konsumen.

Keywords : Kinerja Rantai Pasok, UMKM Olahan Jagung, SCOR, AHP, Komoditi Jagung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: supply chain performances, corn-based SMEs, SCOR, AHP, corn commodity
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:55
Last Modified: 19 Apr 2024 07:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31817

Actions (login required)

View Item
View Item