APLIKASI STRUCTURAL EQUATION MODELLING DALAM MENGANALISIS KESEJAHTERAAN PETANI PADI DI KABUPATEN BANTAENG = APPLICATION OF STRUCTURAL EQUATION MODELING IN ANALYZING THE WELFARE OF RICE FARMERS IN BANTAENG DISTRICT


Pratama, Ariyadi (2023) APLIKASI STRUCTURAL EQUATION MODELLING DALAM MENGANALISIS KESEJAHTERAAN PETANI PADI DI KABUPATEN BANTAENG = APPLICATION OF STRUCTURAL EQUATION MODELING IN ANALYZING THE WELFARE OF RICE FARMERS IN BANTAENG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191067_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191067_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191067_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191067_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

Sektor pertanian, menjadi salah satu sektor yang sangat mendukung pembangunan perekonomian. Dimana dalam perkembangannya, dibutuhkan pembangunan berkelanjutan yang memfokuskan kepada penekanan produksi komoditas padi. Dimana dalam proses pembangunan berkelanjutan ini, peran petani sangat dibutuhkan. Dan dengan adanya pembangunan berkelanjutan ini, diharapkan dapat membantu hidup petani serta dapat meningkatkan kesejahteraannya. Salah satu provinsi yang turut berkontribusi dalam produksi padi dalam pembangunan pertanian berkelanjutan, yakni Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Bantaeng. Meski menjadi salah satu kabupaten yang berkontribusi pada pembangunan pertanian dalam produksi padi, Kabupaten Bantaeng masih memiliki satu kecamatan, yakni Kecamatan Pa’jukukang yang merupakan kecamatan dengan angka kemiskinan yang tinggi, yang secara tidak langsung mencerminkan tingkat kesejahteraan yang rendah. Tingkat kesejahteraan yang rendah ini, diduga disebabkan oleh beberapa hal. Penelitian ini berfokus pada eksplorasi pengaruh antara Faktor Produksi, Karakteristik Petani, Aktivitas Kelembagaan Pertanian, Aktivitas Pertanian, Aktivitas Non Pertanian, terhadap Kesejateraan Petani. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS Versi 24 dengan menggunakan model pengukuran CFA. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah, ditemukannya pengaruh secara langsung antara Faktor Produksi, Karakteristik Petani, Aktivitas Kelembagaan Pertanian, Aktivitas Pertanian, Aktivitas Non-Pertanian, terhadap Kesejateraan Petani secara parsial. Dan pengaruh secara tidak langsung, hanya ditemukan pada Faktor Produksi melalui Aktivitas Pertanian terhadap Kesejahteraan Petani dan Aktivitas Kelembagaan Pertanian melalui Aktivitas Pertanian terhadap Kesejahteraan Petani. Dan tidak ditemukannya pengaruh secara tidak langsung antara Karakteristik Petani baik melalui Aktivitas Pertanian dan Aktivitas Non-Pertanian terhadap Kesejaheraan Petani.

Keywords : Kesejahteraan Petani, Kabupaten Bantaeng, SEM, AMOS, Usahatani Padi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Farmer’s Welfare, Bantaeng Regency, SEM, AMOS, Rice Farming
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:25
Last Modified: 19 Apr 2024 07:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31800

Actions (login required)

View Item
View Item