Peran Kelompok Tani Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Padi (Oryza Sativa. L) (Studi Kasus: Desa Patobong, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang) = The Role of Farmer Groups in Increasing Rice Farmers' Income (Oryza Sativa.L) (Case Study: Patobong Village, Mattiro Sompe District, Pinrang District)


Rahmania, Rahmania (2023) Peran Kelompok Tani Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Padi (Oryza Sativa. L) (Studi Kasus: Desa Patobong, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang) = The Role of Farmer Groups in Increasing Rice Farmers' Income (Oryza Sativa.L) (Case Study: Patobong Village, Mattiro Sompe District, Pinrang District). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191052_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191052_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191052_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191052_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMANIA. Peran Kelompok Tani dalam Peningkatan Pendapatan Petani Padi (Oryza Sativa.L) (Studi Kasus: Desa Patobong, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Pembimbing: RAHIM DARMA dan NURDIN LANUHU
Kelompok tani dibentuk untuk mengatasi masalah petani yang tidak dapat diselesaikan secara individu. Partisipasi anggota kelompok tani dalam mengikuti kegiatan kelompok sangat mempengaruhi produktivitas dan pendapatan petani padi. Ada tiga aspek peran yang harus dijalankan kelompok tani, yaitu kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi untuk meningkatkan pendapatan petani. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran kelomok tani dalam peningkatan pendapatan petani padi dan pendapatan petani padi serta hubungan antara peran kelompok tani dengan pendapatan petani. Penelitian dilaksanakan di Desa Patobong, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Penelitian dilaksanakan dengan metode survey dengan menggunakan metode deskriptif. dengan 14 kelompok tani dan 88 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan jawaban berdasarkan skala guttman dan dianalisis menggunakan software SPSS dan Mr. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi berada pada kategori rendah sebanyak 20,4% dan kategori tinggi sebanyak 79,6%. Pendapatan petani masuk dalam kategori rendah dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara peran kelompok tani dan pendapatan usahatani padi. Petani yang bergabung dalam kelompok akan lebih mudah memperoleh sarana produksi.

Kata kunci: kelompok tani, peran kelompok tani, dan pendapatan petani padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: farmer groups, the role of farmer groups, and rice farmer income.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:22
Last Modified: 19 Apr 2024 07:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31797

Actions (login required)

View Item
View Item