Potensi Ponggawa Sawi Dalam Menggerakkan Ekonomi Desa Maritim (Studi Kasus Di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan) = The Potential of Ponggawa Sawi in Driving the Maritime Village Economy (Case Study in Tamalate Village, North Galesong District, Takalar Regency, South Sulawesi)


Herawati, A. (2023) Potensi Ponggawa Sawi Dalam Menggerakkan Ekonomi Desa Maritim (Studi Kasus Di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan) = The Potential of Ponggawa Sawi in Driving the Maritime Village Economy (Case Study in Tamalate Village, North Galesong District, Takalar Regency, South Sulawesi). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191049_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191049_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191049_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191049_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

A. HERAWATI. Potensi Ponggawa Sawi Dalam Menggerakkan Ekonomi Desa Maritim (Studi Kasus di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan). Pembimbing: EYMAL B. DEMMALLINO dan SITTI BULKIS. Penguji: MUH. SALEH S. ALI and PIPI DIANSARI. Penelitian ini akan menfokuskan perhatiannya pada pengungkapan potensi ponggawa sawi dalam menggerakkan ekonomi desa, sebuah kajian yang akan menelusuri potensi apa yang ada dibalik aktivitas ekonomi kemaritiman yang selama ini menjadi motor penggerak bagi ponggawa sawi dalam menggerakkan ekonomi desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan pada filsafat post positivisme tradisi fenomenologi. Potensi ponggawa sawi sebagai penggerak ekonomi desa diungkap dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara In depth Interview dan observasi, dilanjutkan dengan teknik analisis yang dimulai sejak aktivitas penelitian berlangsung di lapangan dengan teknik analisis epoche (pengurungan) yang berporos pada analisis horizonalisasi. Adapun hasil dari penelitian ini terkait aktivitas kemaritiman yang dijalankan oleh Ponggawa-Sawi, yaitu melakukan pencarian ikan di laut atau bekerja sebagai Nelayan, memiliki toko untuk input, seperti bahan bakar, mesin dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk mencari ikan di laut, memancing ikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan yang tidak tertutupi, membuat usaha pabrik balok es guna memperlancar atau memenuhi kebutuhan kapal yang dimiliki, membuka tempat pelelangan ikan. Potensi yang dimiliki Ponggawa-Sawi dalam menggerakkan ekonomi Desa Maritim, yaitu: Kepemimpinan, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Lateral, Kemampuan Analitis, Kemampuan Adaptasi, Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Kolaborasi serta Kemampuan untuk Belajar. Hasil penelitian terutama diharapkan dapat memperkaya bahan ajar matakuliah Berfikir Kreatif, Studi Kewirausahaan dan Analisis Perancangan dan Pengembangan Agrosistem (APPAS) dalam Struktur Kurikulum Program Studi Agribisnis Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin.

Keywords : Ponggawa Sawi; Potensi; Ekonomi Desa Maritim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ponggawa Sawi; Potency; Maritime Village Economy.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:21
Last Modified: 19 Apr 2024 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31795

Actions (login required)

View Item
View Item