Efektivitas Hukum Penerapan Alat Bukti Elektronik Dalam Pemeriksaan Bukti Di Pengadilan Tata Usaha Negara = The Legal Effectiveness of Applying Electronic Evidence in Examining Evidence at the State Administrative Court


Asaad, A. Annisa Febriana Jauza (2023) Efektivitas Hukum Penerapan Alat Bukti Elektronik Dalam Pemeriksaan Bukti Di Pengadilan Tata Usaha Negara = The Legal Effectiveness of Applying Electronic Evidence in Examining Evidence at the State Administrative Court. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012202055_tesis_27-04-2023 cover1.jpg

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012202055_tesis_27-04-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012202055_tesis_27-04-2023 dp.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012202055_tesis_27-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A. Annisa Febriana Jauza Asaad, Efektivitas Hukum Penerapan Alat Bukti Elektronik Dalam Pemeriksaan Bukti Di Pengadilan Tata Usaha Negara. (Dibimbing oleh Syamsul Bachri dan Imanuddin Ilmar).Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas hukum alat bukti elektronik dalam pemeriksaan bukti dan menganalisis apa saja yang menjadi kendala dalam pemeriksaan alat bukti elektronik di PTUN Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode empiris, dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk melihat ketentuan atau aturan yang dihadapkan dalam suatu fakta atau kenyataan yang terjadi di masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Alat bukti elektronik dalam pemeriksaan bukti di PTUN Kota Makassar belum terlaksana dengan optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala dari berbagai faktor yaitu, faktor hukum, faktor penegakan hukum, dan faktor sarana atau fasilitas. Bedasarkan faktor hukum, diperlukan adanya pembaharuan terhadap hukum acara TUN terkait procedural penerapan alat bukti elektronik dalam pemeriksaan bukti di PTUN. Adapun perihal faktor penegak hukum, dalam memutuskan suatu bukti elektronik, hakim harus dapat mengetahui autentikasi dari alat bukti tersebut dikarenakan kekuatan pembuktian itu mengikat dan keputusan hakim merupakan keputusan mutlak. Pada faktor sarana dan atau fasilitas, diperlukan pengadaan ahli khusus dalam menentukan autentikasi alat bukti elektronik dan atau meningkatkan kualitas dari sarana atau fasilitas yang sudah ada agar lebih terjamin kredibilitasnya.Adapun yang menjadi kendala ialah; prosedural autentikasi alat bukti elektronik; kendala perihal tanda tangan elektronik.

Keywords : Alat Bukti Elektronik, Pemeriksaan Bukti, Efektivitas Hukum

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Electronic Evidence, Examination of Evidence, Legal Effectiveness
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:07
Last Modified: 19 Apr 2024 07:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31787

Actions (login required)

View Item
View Item