MODERNITAS PETANI AGRIBISNIS PADI SAWAH BERIRIGASI (STUDI KASUS DI DESA JENETAESA DAN DESA TANETE, KEC.SIMBANG, KAB.MAROS) = MODERNITY OF IRRIGATED RICE AGRIBUSINESS FARMERS (CASE STUDY IN JENETAESA VILLAGE AND TANETE VILLAGE, KEC.SIMBANG, KAB.MAROS)


Maruf, Nurul Afifa (2023) MODERNITAS PETANI AGRIBISNIS PADI SAWAH BERIRIGASI (STUDI KASUS DI DESA JENETAESA DAN DESA TANETE, KEC.SIMBANG, KAB.MAROS) = MODERNITY OF IRRIGATED RICE AGRIBUSINESS FARMERS (CASE STUDY IN JENETAESA VILLAGE AND TANETE VILLAGE, KEC.SIMBANG, KAB.MAROS). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181513_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181513_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181513_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181513_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang Modernisasi telah merambah semua sektor kehidupan manusia, termasuk di bidang pertanian. Modernisasi pertanian adalah perubahan besar pada pola pertanian dari pola tradisional (menggunakan berbagai cara tradisional) menuju pola yang lebih maju atau modern, yang mencakup berbagai aspek seperti kelembagaan pertanian dan teknologi pertanian. Tujuan Penelitian untuk menganalisis bentuk-bentuk modernisasi pertanian pada petani yang berada di Desa Jenetaesa dan Desa Tanete, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros. Metode Dalam penelitian ini, sebanyak 100 petani dipilih sebagai responden dan data penelitian dikumpulkan pada bulan Agustus-September 2022. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi karena akan mempelajari hubungan dua variabel atau lebih, yakni hubungan variasi dalam satu variabel dengan variasi dalam variabel lainnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan teknologi yang jelas terlihat pada petani di Desa Jenetaesa dan Desa Tanete. Perkembangan teknologi tersebut terlihat dari adanya penggunaan mesin traktor, tangki pembasmi hama bermesin, dan mesin kombin. Kehadiran mesin-mesin ini lebih memudahkan petani dalam pengawasan tenaga kerja, menurunkan biaya pelaksanaan, serta mempercepat waktu pelaksanaan pekerjaan yang pada akhirnya menggeser sistem kedok menjadi sistem kolen. Dalam konteks modernisasi pertanian, penggunaan teknologi memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian. Oleh karena itu, pengenalan teknologi modern kepada petani di wilayah-wilayah pedesaan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain itu, pemerintah dapat memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan dan program- program pemberdayaan petani untuk mempercepat modernisasi pertanian di Indonesia.

Kata Kunci : Modernisasi, Pertanian, Petani Padi Beririgasi, Lahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modernisasi, Pertanian, Petani Padi Beririgasi, Lahan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 06:55
Last Modified: 19 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31778

Actions (login required)

View Item
View Item