PERANCANGAN KAWASAN PESANTREN TAHFIZH PERTANIAN DARUL ISTIQAMAH CABANG PALLANTIKANG KABUPATEN GOWA DESIGN OF DARUL ISTIQAMAH AGRICULTURAL TAHFIZH ISLAMIC BOARDING SCHOOL AREA, PALLANTIKANG BRANCH, GOWA DISTRICT


Akhmad, Nurul Aliyah (2023) PERANCANGAN KAWASAN PESANTREN TAHFIZH PERTANIAN DARUL ISTIQAMAH CABANG PALLANTIKANG KABUPATEN GOWA DESIGN OF DARUL ISTIQAMAH AGRICULTURAL TAHFIZH ISLAMIC BOARDING SCHOOL AREA, PALLANTIKANG BRANCH, GOWA DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011191355_skripsi_09-08-2023 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
G011191355_skripsi_09-08-2023 dp.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
G011191355_skripsi_09-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011191364_skripsi_09-08-2023 1-2.pdf

Download (780kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Tahfizh Pertanian Darul Istiqamah yang terletak di Desa Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dengan luas area terbuka sebesar 3,82 ha. Penelitian dilaksanakan mulai dari bulan Agustus 2022 hingga April 2023. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merancang kawasan Pesantren Tahfizh Pertanian Darul Istiqamah sebagai kawasan pendidikan dengan penekanan dalam bidang pertanian sehingga menciptakan pesantren yang lebih fungsional, bernilai estetika, aman dan nyaman bagi santri, pengajar maupun pengunjung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode modifikasi perancangan tapak yang didasarkan pada konsep kawasan pendidikan berbasis pertanian dalam mewujudkan pertanian terpadu dan berkelanjutan. Konsep pengembangan terdiri dari, konsep tata ruang, konsep sirkulasi, konsep tata hijau, konsep visibilitas dan konsep fasilitas utilitas. Konsep tata ruang terdiri dari ruang penerimaan, ruang transisi, ruang pelayanan, ruang edukasi, ruang pasif dan ruang produksi. Konsep tata hijau yang digunakan terbagi menjadi tanaman produksi, tanaman pengendali hama, tanaman pengarah, tanaman peneduh, tanaman estetika, tanaman pereduksi polutan dan bau, tanaman pembatas, tanaman dan tanaman peredam kebisingan. Konsep visibilitas good view berupa sungai dan gunung sebagai borrowed view. Konsep fasilitas dan utilitas terbagi atas papan nama, papan informasi, pos satpam, parkiran, foodcourt, gedung pengelola, lapangan, kantin, aula, screenhouse, rumah kompos, gudang, dan bangku lampu. Pemilihan vegetasi, fasilitas dan utilitas berdasarkan hasil pertimbangan kondisi tapak, keinginan serta kebutuhan pengguna dan pengelola dengan tetap memperhatikan prinsip desain. Keunggulan kawasan ini setelah dilakukan perancangan yaitu adanya penambahan fasilitas-fasilitas yang mampu menunjang kenyamanan pengguna tapak sehingga dapat menambahkan eksistensi dari tapak yang mampu mendukung aktivitas para santri. Hasil akhir dari penelitian ini berupa site plan, gambar tampak, gambar perspektif, serta penjelasan secara detail gambar tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kawasan Pesantren, Lanskap Islami, Pertanian Terpadu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 19 Apr 2024 05:48
Last Modified: 19 Apr 2024 05:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31772

Actions (login required)

View Item
View Item