ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PETUGAS RUANG RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAPARUA


Siahainenia, Marinus Hanry (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PETUGAS RUANG RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAPARUA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012182032_tesis COVER1.png

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012182032_tesis 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
K012182032_tesis DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
K012182032_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pelayanan kesehatan rawat inap merupakan salah satu pelayanan yang menjadi perhatian utama RS di seluruh dunia dikarenakan rawat inap merupakan pelayanan terhadap pasien masuk RS yang menempati tempat tidur untuk keperluan observasi, diagnosa, terapi, rehabilitas medik atau pelayanan medik lainnya dengan pengawasan dokter setiap hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis menganalisis kualitas pelayanan petugas ruang rawat inap terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Saparua.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di RSU Saparua pada bulan Januari 2019-Februari 2020 sebanyak 83 orang. Penentuan sampel dilakukan denggan teknik insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara incidental masuk menjadi pasien rawat inap di RSU Saparua sebanyak 42 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pelayanan dokter (p value = 0.016), ketersediaan informasi (p value = 0.007) terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Saparua. Tidak Ada pengaruh pelayanan Perawat (p value = 0.134), pelayanan administrasi (p value = 0.106), kualitas penunjang medis (p value = 0.474) dan ketersediaan obat – obat (p value = 0,661) terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Saparua. semakin baik pula tingkat kepuasan pasien. Agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam hal peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan petugas pihak Rumah sakit perlu memberikan pelatihan bagi dokter, perawat dan tenaga administrasi sehingga pelayanan yang diberikan kepada pasien dapat semakin baik sehingga pasien merasa puas

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 12 Mar 2021 00:47
Last Modified: 06 Nov 2024 04:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item
View Item