PELAKSANAAN KOORDINASI DAN PENGAWASAN TERHADAP PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL OLEH PENYIDIK POLRI DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN DAERAH SULAWESI SELATAN = THE IMPLEMENTATION OF COORDINATION AND CONTROLLING AGAINST CIVIL SERVANT INVESTIGATORS BY INDONESIAN POLICE INVESTIGATORS IN THE POLICE JURISDICTION REGIONAL SOUTH SULAWESI


Dawali, Nadia Nurul Izmi (2022) PELAKSANAAN KOORDINASI DAN PENGAWASAN TERHADAP PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL OLEH PENYIDIK POLRI DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN DAERAH SULAWESI SELATAN = THE IMPLEMENTATION OF COORDINATION AND CONTROLLING AGAINST CIVIL SERVANT INVESTIGATORS BY INDONESIAN POLICE INVESTIGATORS IN THE POLICE JURISDICTION REGIONAL SOUTH SULAWESI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012201044_tesis_09-01-2023 cover1.jpg

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012201044_tesis_09-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012201044_tesis_09-01-2023 dp.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012201044_tesis_09-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NADIA NURUL IZMI DAWALI (B012201044) “Pelaksanaan Koordinasi Dan Pengawasan Terhadap Penyidik Pegawai Negeri Sipil Oleh Penyidik Polri Di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan” dibawah bimbingan M.Syukri Akub dan Nur Azisa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Koordinasi dan Pengawasan terhadap Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) oleh penyidik Polri di wilayah hukum Polda Sulsel dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh Penyidik Polri dalam meningkatkan Pelaksanaan Koordinasi dan pengawasan terhadap proses penyidikan tindak pidana yang dilakukan oleh penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) di wilayah hukum Polda Sulsel.
Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah tipe penelitian hukum empiris. Penelitian ini dilaksanakan di Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer yaitu data yang diperoleh langsung berupa hasil wawancara dan bahan hukum sekunder yaitu data melalui studi kepustakaan seperti literatur, buku, jurnal, dan Perundang-Undangan. Bahan hukum tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil Penelitian yang telah diakukan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Pelaksanaan Koordinasi dan Pengawasan Penyidik Polri terhadap proses penyidikan tindak pidana yang dilakukan oleh PPNS di wilayah hukum Polda Sulsel belum berjalan secara efektif. Hal ini disebabkan dalam pelaksanaannya, adanya perbedaan batas-batas kewenangan yurisdiksi dari masing-masing instansi dan adanya perbedaan persepsi dari masing-masing instansi terhadap penyidikan tindak pidana dengan penyidik Polri (2) Upaya yang dilakukan oleh Penyidik Polri dalam meningkatkan Pelaksanaan Koordinasi dan Pengawasan terhadap proses penyidikan tindak pidana yang dilakukan oleh PPNS di wilayah hukum Polda Sulsel adalah pelaksanaan Pembinaan Kemampuan PPNS dan Supervisi bersama ke jajaran PPNS. Upaya yang dilakukan oleh penyidik Polri terkait dengan pembinaan kemampuan PPNS sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan dilaksanakannnya sekali setiap tahunnya, sedangkan supervisi bersama ke jajaran PPNS, dilaksanakan apabila atas dasar permintaan pimpinan instansi PPNS.

Keywords : Penyidik Polri, Koordinasi, Pengawasan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Police Investigators, Coordination, Controlling
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 09:00
Last Modified: 30 Jan 2024 09:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31726

Actions (login required)

View Item
View Item