GAMBARAN KINERJA PERAWAT DALAM MUTU PELAYANAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. D. ANATOTOTI LARAT


Watmanlussy, Resiren Fairing (2020) GAMBARAN KINERJA PERAWAT DALAM MUTU PELAYANAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. D. ANATOTOTI LARAT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012182012_tesis cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012182012_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
K012182012_tesis dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
K012182012_tesis.pdf

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Kinerja perawat merupakan tingkat keberhasilan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Sementara mutu pelayanan merupakan faktor penting yang dapat membentuk kepercayaan pasien kepada rumah sakit sehingga tercipta loyalitas mereka sebagai konsumen jasa pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja perawat terhadap mutu pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSUD dr. D. Anatototi Larat.

Penelitian ini merupakan Jenis penelitian penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian merupakan SDM RSUD dr. D. Anatototi Larat yang bekerja pada Ruang Rawat Inap terdiri dari 13 orang. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perawat yang dilihat dari orientasi pelayanan perawat ditemukan bahwa pelayanan yang diberikan perawat sangat ramah, sopan, dan cepat tanggap, integritas perawat ditemukan bahwa perawat telah melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan arahan dari pimpinan dan aturan yang berlaku, kemampuan perawat ditemukan bahwa perawat sangat antusias dalam mengembangkan kemampuan, disiplin perawat ditemukan bahwa terdapat beberapa perawat tidak disiplin pada waktu kerja yang ada dikarenakan kondisi pasien yang menumpuk untuk diberikan pelayanan sementara tenaga medis yang kurang memadai selain itu struktur organisasi dan waktu kerja serta aturan tertentu di rumah sakit ini tidak terdokumentasi dengan jelas, kemampuan bekerjasama perawat ditemukan bahwa hubungan yang sudah terjalin baik dan harmonis antara pimpinan dengan seluruh pekerja di rumah sakit ini. Pihak Rumah Sakit sebaiknya lebih memperhatikan kembali serta selalu meningkatkan terkait kinerja perawat baik dalam hal orientasi pelayanan, integritas, kemampuan, disiplin, kemampuan bekerjasama demi meningkatnya mutu pelayanan kesehatan yang maksimal bagi seluruh warga setempat khususnya di sekitar Rumah Sakit Umum Daerah dr. D. Anatototi Larat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 12 Mar 2021 00:41
Last Modified: 04 Nov 2024 06:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item
View Item