SEKOLAH TINGGI KEAMANAN DUNIA MAYA BENTUK FRAKTAL DI JAKARTA


Yasmin, Yasmin (2023) SEKOLAH TINGGI KEAMANAN DUNIA MAYA BENTUK FRAKTAL DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
D51116016_skripsi_27-11-2023 cover1.png

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51116016_skripsi_27-11-2023 dp.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51116016_skripsi_27-11-2023 1-2.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51116016_skripsi_27-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 August 2025.

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan dampak positif maupun negatif bagi peradaban umat manusia salah satunya adalah internet yang menimbulkan berbagai masalah seperti cyber crime. Menurut data dari Akamai State of the Internet untuk kuartal II 2016, Indonesia masih tercatat dalam 20 besar daftar negara sumber serangan cyber. Pemicu kerawanan cyber crime disebabkan karena negara belum memiliki ketahanan dunia maya yang maksimal padahal arus lalu lintas informasi tersebut tidak hanya datang dari dalam tetapi juga dari luar negri sehingga perlu adanya pembenahan satuan khusus untuk keamanan dunia maya.
Sumber daya manusia Indonesia masih kurang untuk menjadi pengawas kemanan, maka perlu didirikan sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah pendidikan professional dalam bidang pengawasan keamanan dunia maya. Jakarta merupakan pusat pemerintahan di Indonesia, lokasi sekolah yang berada di Jakarta memudahkan para mahasiswa dalam mobilitas ketika ada ancaman cyber yang menyerang pusat pemerintahan Indonesia dalam bentuk software maupun hardware.
Bentuk sekolah yang ada di Indonesia terlalu umum maka pada perancangan ini menerapkan konsep fraktal. Tiga elemen ini saling berkaitan antara sekolah, keamanan dunia maya, dan fraktal. Tujuan dari perancangan ini adalah mengumpulkan, mendeskripsikan serta merumuskan segala potensi dan masalah yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan perancangan Sekolah Tinggi Keamanan Dunia Maya Bentuk Fraktal di Jakarta. Sasaran pada perancangan ini secara non arsitektural yaitu menganalisis kebutuhan sekolah untuk mahasiswa di Jakarta, mengidentifikasi jenis kegiatan yang akan diwadahi sebuah Sekolah Tinggi Keamanan Dunia Bentuk Fraktal di Jakarta, serta mengidentifikasi karakteristik Sekolah Tinggi Keamanan Dunia Maya di Jakarta yang menerapkan konsep Fraktal. Sedangkan secara arsitektural yaitu mengadakan studi tentang bentuk dasar dan gubahan bentuk konsep fraktal untuk fungsi Sekolah Tinggi Keamanan Dunia Maya, mengadakan studi tentang tata fisik makro serta tata fisik mikro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Fraktal, Sekolah Tinggi, Cyber, Jakarta
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:04
Last Modified: 17 Apr 2024 04:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31632

Actions (login required)

View Item
View Item