TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PENERTIBAN TERHADAP USAHA PETERNAKAN BABI DI WILAYAH BEBAS TERNAK DALAM KOTA MAKASSAR = JURIDICAL REVIEW OF THE IMPLEMENTATION OF CONTROL OF PIG FARMING BUSINESSES IN LIVESTOCK FREE AREAS IN MAKASSAR CITY


Eviniyah, Nita (2023) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PENERTIBAN TERHADAP USAHA PETERNAKAN BABI DI WILAYAH BEBAS TERNAK DALAM KOTA MAKASSAR = JURIDICAL REVIEW OF THE IMPLEMENTATION OF CONTROL OF PIG FARMING BUSINESSES IN LIVESTOCK FREE AREAS IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116008_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116008_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116008_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116008_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK NITA EVINIYAH, B12116008, Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Penertiban Terhadap Usaha Peternakan Babi Di Wilayah Bebas Ternak Dalam Kota Makassar Di bawah bimbingan Prof. Dr. Hamzah Halim, SH., MH., M.A.P. sebagai Pembimbing Utama dan Ariana Arifin, SH., MH. sebagai Pembimbing Pendamping..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penertiban terhadap usaha peternakan babi di wilayah bebas ternak dalam Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan teknik pengumpulan data yaitu, studi lapangan dan studi kepustakaan. Data penelitian dilengkapi dengan data primer yakni dari hasil wawancara di lapangan serta data sekunder yakni kutipan dan referensi-referensi dari peraturan perundang-undangan, buku, serta hasil penelitian lain dengan metode analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Makassar, Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar pada Sub Bidang Peternakan Kota Makassar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Kecamatan Panakkukang dan Kelurahan Panaikang sebagai sampel dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini, yaitu (1) Pelaksanaan penertiban terhadap usaha peternakan babi belum terlaksana secara optimal dalam penegakan hukum terhadap Peraturan Walikota Makassar Nomor 92 Tahun 2015 tentang Wilayah Bebas Ternak di Kota Makassar belum diimplementasikan secara menyeluruh mengingat bahwa masih adanya usaha peternakan babi di Kelurahan Panaikang sehingga program kebersihan dan penghijauan Kota Makassar untuk mewujudkan keamanan, kesehatan, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat belum terlaksana dengan baik. (2) Dalam upaya pelaksanaan penertiban penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat atas pemeliharaan hewan ternak diperlukan penegakan hukum dan perlindungan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang tertib, aman serta memiliki kepedulian sosial yang bermartabat dan juga diperlukannya upaya peningkatan kinerja, koordinasi dan sinergi bersama antara beberapa instansi pemerintah dalam melaksanakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat atas pemeliharaan hewan ternak di wilayah bebas ternak.

Kata Kunci: Penertiban, Usaha Peternakan Babi, Wilayah Bebas Ternak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Control, Pig Farming Business, Livestock Free Area
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:42
Last Modified: 16 Apr 2024 03:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31624

Actions (login required)

View Item
View Item