STRATEGI KESANTUNAN TINDAK TUTUR PENOLAKAN PADA PROFESI DOKTER DAN PEJABAT PEMERINTAH DALAM PODCAST DEDDY COURBUZIER = POLITENESS STRATEGY OF REJECTING SPEECH ACT OF DOCTORS (DR) AND GOVERNMENT OFFICIALS (GO) PROFESSIONS IN DEDDY COURBUZIER'S (DC'S) PODCAST (SUPERVISED BY ERY ISWARY AND DAFIRAH)


Yulandari, Yulandari (2023) STRATEGI KESANTUNAN TINDAK TUTUR PENOLAKAN PADA PROFESI DOKTER DAN PEJABAT PEMERINTAH DALAM PODCAST DEDDY COURBUZIER = POLITENESS STRATEGY OF REJECTING SPEECH ACT OF DOCTORS (DR) AND GOVERNMENT OFFICIALS (GO) PROFESSIONS IN DEDDY COURBUZIER'S (DC'S) PODCAST (SUPERVISED BY ERY ISWARY AND DAFIRAH). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F012211003_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F012211003_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F012211003_tesis_09-11-2023 DP.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F012211003_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Yulandari. 2023. Strategi Kesantunan Tindak Tutur Penolakan Profesi Dokter dan Pejabat Pemerintah dalam Podcast Deddy Courbuzier (dibimbing oleh Ery Iswary dan Dafirah).
Penggunaan strategi kesantunan tindak tutur penolakan sebagaimana mestinya masih sering diabaikan. Penelitian ini bertujuan menemukan jenis tindak tutur penolakan yang digunakan oleh profesi DR dan PP, serta mengklasifikasikan strategi kesantunan yang mereka gunakan dalam podcast DC. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh tuturan penolakan profesi DR dan PP dalam podcast DC dalam membahas masalah kesehatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan teknik catat ke dalam MS Word. Data yang terkumpul kemudian dianalis berdasarkan teori tindak tutur Searle dan kesantunan Brown & Levinson. Hasil analisis data menunjukkan bahwa profesi PP cenderung menggunakan tindak tutur penolakan jenis direktif dengan memilih strategi kesantunan terus terang. Adapun profesi DR lebih cenderung menggunakan tindak tutur penolakan jenis asertif dengan memilih strategi kesantunan terus terang dan kesantunan negatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa PP adalah profesi yang memiliki power atau pengaruh lebih besar dibandingkan mitranya. PP tidak segan-segan mengungkapkan penolakan secara tegas dan terang-terangan. PP sebagai pihak superior akan lebih mendominasi melakukan tindakan sesuai keinginan sebab memiliki akses kekuasaan dibandingkan pihak mitra, sementara profesi DR lebih memilih menyampaikan penolakan secara jelas dan tidak ambigu. Namun, tetap berhati-hati saat menyatakan penolakan. Hal ini terlihat dari penggunaan strategi kesantunan negatif berupa penggunaan pemagaran, phatic communication, pernyataan hormat, serta pemberian alasan. Penting bagi DR dan PP meningkatkan keterampilan komunikasi, menjelaskan alasan penolakan secara jelas, serta melibatkan publik melalui dialog terbuka unutk menjelaskan alasan di balik penerapan kebijakan tersebut.

Kata kunci: podcast, profesi, tindak tutur penolakan, strategi kesantunan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Podcast, Profession, Speech act of rejecting, Politeness strategy
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:16
Last Modified: 28 Mar 2024 04:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31560

Actions (login required)

View Item
View Item