Laras Bahasa Iklan pada Siaran Langsung Aplikasi TikTok: Tinjauan Sosiolinguistik = Advertising Language on the Live Broadcast of the TikTok Application: A Sociolinguistic Review


Hasni, Hasni (2023) Laras Bahasa Iklan pada Siaran Langsung Aplikasi TikTok: Tinjauan Sosiolinguistik = Advertising Language on the Live Broadcast of the TikTok Application: A Sociolinguistic Review. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F011191014_skripsi_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F011191014_skripsi_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F011191014_skripsi_09-11-2023 DP.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F011191014_skripsi_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

HASNI. Laras Bahasa Iklan pada Siaran Langsung Aplikasi TikTok: Tinjauan Sosiolinguistik (dibimbing oleh Munira Hasjim dan Tammasse Balla).
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan ciri wujud laras bahasa iklan pada siaran langsung aplikasi TikTok, dan (2) mendeskripsikan fungsi laras bahasa iklan pada siaran langsung aplikasi TikTok. Bentuk bahasa iklan yang terdapat pada siaran langsung aplikasi TikTok merupakan data dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa metode simak dengan teknik simak tak cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data yang digunakan berupa metode deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laras bahasa iklan pada siaran langsung aplikasi TikTok terdiri atas 4 bagian, yaitu kata sapaan, bahasa gaul, campur kode dalam bahasa Inggris dan bahasa daerah, serta istilah khusus. Adapun fungsi laras bahasa iklan pada siaran langsung aplikasi TikTok terdiri atas 5 bagian, yaitu fungsi memberikan informasi, fungsi mempersuasi, fungsi mengingatkan, fungsi memberikan nilai tambah, dan fungsi mendampingi.

Kata Kunci: Laras Bahasa Iklan, Siaran Langsung, TikTok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Language Adjustment, Advertising, Live Broadcast, TikTok.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:08
Last Modified: 28 Mar 2024 04:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item
View Item