GAME ONLINE DI KALANGAN REMAJA (Studi Etnografi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Sosial Remaja Kecanduan Bermain Game Online Mobile Legend: Bang-Bang di Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar) = ONLINE GAMES AMONG TEENAGERS (Ethnographic Study of Factors that Influence the Social Behavior of Teenagers Addicted to Playing the Online Game Mobile Legend: Bang-Bang in Tamamaung Village, Panakkukang District, Makassar City)


Anwar, A. Muhammad Faiq (2023) GAME ONLINE DI KALANGAN REMAJA (Studi Etnografi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Sosial Remaja Kecanduan Bermain Game Online Mobile Legend: Bang-Bang di Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar) = ONLINE GAMES AMONG TEENAGERS (Ethnographic Study of Factors that Influence the Social Behavior of Teenagers Addicted to Playing the Online Game Mobile Legend: Bang-Bang in Tamamaung Village, Panakkukang District, Makassar City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071171302_skripsi_24-10-2023 caver1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071171302_skripsi_24-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071171302_skripsi_24-10-2023 dp.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071171302_skripsi_24-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A Muhammad Faiq Anwar. NIM E071171302. GAME ONLINE DI KALANGAN REMAJA: Studi Etnografi Tentang Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Sosial Remaja Kecanduan Bermain Game online Mobile Legend Bang-Bang di Keluraham Tamamaung Kecamatan Panukukang Kota Makassar). Dibawah bimbingan Dr. Tasrifin Tahara, M.Si dan Hardiyanti Munsi S.Sos, M.Si.
Skripsi ini mengkaji tentang faktor yang mempengaruhi remaja dalam bermain game mobile legend di Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Makassar. Lebih lanjut, kajian ini berusaha membahas faktor dan juga dampak dari bermain game online mobile legend. Judul skripsi ini dapat digolongkan ke dalam studi Antropologi Psikologi yang ditulis berdasarkan hasil penelitian. Oleh karena itu, penting membahas kajian ini untuk kehidupan masyarakat umum, khususnya untuk para remaja di Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Makassar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi anak remaja dalam bermain game online mobile legend di Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar dan untuk menjelaskan dampak yang ditimbulkan pada anak remaja dari bermain game online mobile legend. Metode yang digunakan untuk menjawab persoalan tersebut adalah menggunakan metode etnografi, dimana metode ini mampu menggambarkan secara jelas mengenai suatu fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ketika berada dilapangan yakni observasi pasrtisipasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil penelitian berupa berbagai macam faktor yang mempengaruhi remaja dalam bermain game online seperti hobi, lingkungan, rasa ingin tahu, dan bakat. Selain ini, game online juga memiliki dampak bagi perilaku remaja, baik itu dampak positif ataupun dampak negative.

Kata Kunci:Faktor, Game online, Mobile Legend, Dampak, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Factors, Online Games, Mobile Legend, Impact, Teenager.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:52
Last Modified: 28 Mar 2024 03:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31534

Actions (login required)

View Item
View Item