Upaya Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Penanggulangan Penyakit Menular Tuberkulosis di Kota Makassar = The regional government's efforts to implement a measure of tuberculosis communicable disease in the city of makassar


Septeffani, Putri Dwi (2023) Upaya Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Penanggulangan Penyakit Menular Tuberkulosis di Kota Makassar = The regional government's efforts to implement a measure of tuberculosis communicable disease in the city of makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191053_skripsi_14-11-2023 caver1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191053_skripsi_14-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191053_skripsi_14-11-2023 dp.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191053_skripsi_14-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya pemerintah daerah dalam penanggulangan penyakit menular Tuberkulosis di Kota Makassar dengan memperhatikan aspek promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif melalui Upaya Intensifikasi Kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian, dianalisis melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan Kota Makassar sebagai salah satu instrumen pemerintah daerah dalam proses Eliminasi Tuberkulosis atau Penanggulangan memperhatikan aspek promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif melalui Upaya Intensifikasi Kesehatan Tuberkulosis yaitu (1) Upaya Promosi Kesehatan, (2) Pengendalian Pencegahan Faktor Resiko, (3) Penemuan dan Pengobatan, (4) Pemberian Kekebalan dan (5). Pemberian Obat Pencehagan Dari beberapa indikator tersebut, ditemukan bahwa Upaya pelaksanaan kebijakan oleh pemerintah daerah masih belum optimal. Hal ini didasari oleh Perwali Khusus TB belum di sahkan, promosi Kesehatan belum merata di semua wilayah, ketakutan masyarakat dalam melakukan pengobatan akibat adanya diskriminasi serta stigma buruk terhadap penderita Tuberkulosis, penderita hidup dalam garis kemiskinan d, minimnya upah untuk kader TB. peneliti mengidentifikasikan beberapa solusi yang dapat mendorong keberhasilan proses Eliminasi Tuberkulosis, yaitu pihak Dinas Kesehatan Kota Makassar harus meratakan promosi kesehatan, mengesahkan Perwali Khusus Tuberkulosis, dan menambah Sumber Daya manusia (SDM), melakukan pengajuan pembuatan Sanatorium Khusus TB dan memberikan nutrisi tambahan bagi Penderita Tuberkulosis.

Keywords : Upaya, Pemerintah Daerah, Tuberkulosis, Intensifikasi Kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efforts, Local Government, Tuberculosis, Health Intensification.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:31
Last Modified: 28 Mar 2024 03:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31518

Actions (login required)

View Item
View Item