Pelaksanaan Pemberdayaan Gender dalam Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Polewali Mandar = Implementation of Gender Empowerment in Gender Mainstreaming in Polewali Mandar Redency


Husaeni, Muthmainnah Putri (2023) Pelaksanaan Pemberdayaan Gender dalam Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Polewali Mandar = Implementation of Gender Empowerment in Gender Mainstreaming in Polewali Mandar Redency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191044_skripsi_14-11-2023 caver1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191044_skripsi_14-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191044_skripsi_14-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191044_skripsi_14-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
MUTHMAINNAH PUTRI HUSAENI, Nomor Induk Mahasiswa E051191044, Program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul “PELAKSANAAN PEMBERDAYAAN GENDER DALAM PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR”, di bawah bimbingan Prof. Dr. Nurlinah, M.Si. selaku pembimbing utama dan Bapak Rahmatullah, S.IP, M.Si. selaku pembimbing pendamping.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengorganisasian dalam upaya Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Polewali Mandar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara bersamaan dengan proses pengumpulan data, proses analisis yang dilakukan merupakan suatu proses yang panjang. Data dari hasil wawancara dan kepustakaan yang diperoleh kemudian dicatat dan dikumpulkan sehingga menjadi sebuah hasil catatan lapangan.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kabupaten Polewali Mandar dilaksanakan berdasarkan tiga, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengorganisasian. Dalam perencanaan, pemerintah menyusun anggaran yang responsif gender dan juga pengarusutamaan gender sebagai salah satu indikator RPJMD. Dalam Pelaksanaan, Dinas P2KBP3A telah melakukan sosialisasi mengenai pengarusutamaan gender dan pelatihan secara berkala terhadap tiap tiap Organisai Perangkat Daerah agar dapat menyususn gap analysis. Dalam pengorganisasi, Pemerintah membentuk Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender ynag terdiri dari OPD yang ada di Kabupaten Polewali Mandar. Implementasi pengarusutamaan gender bukanlah persoalan yang sederhana. Implementasi pengarusutamaan gender harus dilaksanakan secara menyeluruh, Pemerintah juga perlu melaksanakan program – program pengarusutamaan gender yang lebih inovatif sehingga masyarakat akan lebih tertarik dalam memerhatikan dan turut berpartisipasi dalam perwujudan pengarusutamaan gender.

Kata Kunci: Pemberdayaan Gender, Pengarusutamaan Gender, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengorganisasian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gender empowerment, gender mainstreaming, planning, implementation, organization
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:30
Last Modified: 28 Mar 2024 03:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31517

Actions (login required)

View Item
View Item