Peran Inspektorat dalam melakukan fungsi pengawasan pengelolaan dana desa di Desa Bacu, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone = The role of the Inspectorate in carrying out the function of supervising the management of village funds in Bacu Village, Barebbo District, Bone Regency.


Mapparessa, Andi (2023) Peran Inspektorat dalam melakukan fungsi pengawasan pengelolaan dana desa di Desa Bacu, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone = The role of the Inspectorate in carrying out the function of supervising the management of village funds in Bacu Village, Barebbo District, Bone Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191036_skripsi_26-10-2023 caver1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191036_skripsi_26-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191036_skripsi_26-10-2023 dp.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191036_skripsi_26-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Nama : Andi Mapparessa Nim : E051191036, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul : “Peran Inspektorat dalam melakukan fungsi pengawasan di Desa Bacu, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone”. Di bawah bimbingan Prof.Dr. Juanda Nawawi, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Rahmatullah, S.IP, M.Si sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengawasan Inspektorat Daerah terhadap Pengelolaan dana Desa serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Peran Inspektorat Daerah dalam melakukan pengawasan dana Desa di Desa Bacu, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone.
Metode Penelitian dan Tipe Penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif, dengan tujuan mendapatkan mendapatkan hasil dan kesimpulan akhir yang sesuai dengan Peran Inspektorat Daerah dalam melakukan fungsi pengawasan di Desa Bacu, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone.Pengumpulan data dilkaukan dengan cara wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa :Peran Inspektorat Daerah Dalam melakukan Pengawasan Dana Desa di Desa Bacu, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan prosedur, walaupun dalam proses pemeriksaan masih terdapat beberapa kekurangan yang terdapat pada tim pemeriksa, maupun dari Desa Bacu itu sendiri.Faktor yang mempengaruhi Peran Inspektorat Daerah dalam melakukan fungsi pengawasan di Desa Bacu Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone adalah keterbatasan anggaran dan waktu, keterlambatan penyerahan dokumen dari pihak desa, kurang lengkapnya data-data yang akan dicantumkan ke LHP, selain itu lambatnya tindak lanjut dari desa terhadap hasil temuan ditambah lagi SDM dari perangkat desa yang kurang mumpuni sehingga memakan waktu yang lama dalam proses pemeriksaan. Faktor pendukungnya seperti ketersediaan alat yang memadai sehingga dapat menunjang kelancaran pemeriksaan, dan mempunyai dasar Audit pemeriksaan.

Keywords : Peran Inspektorat, Pengawasan, Dana Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inspectorate Role, Supervision, Village Fund
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:29
Last Modified: 28 Mar 2024 03:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31515

Actions (login required)

View Item
View Item