PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAKU USAHA DI KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU = THE ROLE OF LOCAL GOVERNMENT IN INCREASING THE QUALITY OF BUSINESS ENTERPRISES IN MALLUSETASI DISTRICT, BARRU DISTRICT


Afsari, Muthia (2023) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAKU USAHA DI KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU = THE ROLE OF LOCAL GOVERNMENT IN INCREASING THE QUALITY OF BUSINESS ENTERPRISES IN MALLUSETASI DISTRICT, BARRU DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191008_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191008_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (990kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191008_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191008_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

MUTHIA AFSARI, Nomor Induk Mahasiswa E051191008, Program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul “Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pelaku Usaha Di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru” di bawah bimbingan Dr. H. A. M. Rusli, M.Si. selaku pembimbing utama dan Bapak Ashar Prawitno, S. IP. M.Si. selaku pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah daerah dalam memberdayakan sumber daya manusia pada pelaku UMKM dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan peran pemerintah daerah di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pemerintah daerah dalam memberdayakan Sumber Daya Manusia pada pelaku UMKM belum berjalan dengan optimal, hal ini dilihat dari beberapa indikator yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelaku UMKM, yaitu (1) peran Memasyarakatkan dan memberdayakan kewirausahaan yang sudah dijalankan tetapi kurangnya fokus perhatian pemerintah pada pernodalan pelaku usaha yang terbatas dan masih banyak masyarakat yang belum memahami KUR, (2) meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial berupa pemasaran produk, indikator ini sudah dijalankan tetapi belum maksimal karena tidak adanya pendampingan dari konsultan untuk meningkatkan pemasaran produk, dan (3) membentuk dan mengembangkan lembaga pendidikan dan pelatihan, peran ini sudah bergulir tetapi didapati permasalahan, yaitu kurangnya perhatian lembaga pendidikan sehingga jenis-jenis pelatihan yang diberikan oleh pemerintah daerah kurang dan kreativitas bisnis UMKM tidak maksimal. Berdasarkan hasil analisis dari data primer dan data sekunder, peneliti mengidentifikasikan beberapa solusi yang dapat meningkatkan kualitas pelaku usaha, yaitu memberikan akses bantuan modal berupa dana dengan mudah, pihak Pemerintah Daerah harus memperbanyak sosialisasi, menyediakan pendampingan dari konsultan UMKM, serta membentuk dan mengembangkan lembaga pedidikan yang ada.

Keywords : Peran Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha, UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role of Local Government, Business Actors, MSMEs
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:26
Last Modified: 28 Mar 2024 03:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31512

Actions (login required)

View Item
View Item