WARUNG KOPI di KOTA KALONG : (Studi Etnografi Mengenai Sarana Interaksi Bagi Masyarakat di Watansoppeng) = COFFEE SHOPS in KALONG CITY : (Ethnographic Study of Means of Interaction for the Community in Watansoppeng)


Ruslan, Muhammad Sholeh (2023) WARUNG KOPI di KOTA KALONG : (Studi Etnografi Mengenai Sarana Interaksi Bagi Masyarakat di Watansoppeng) = COFFEE SHOPS in KALONG CITY : (Ethnographic Study of Means of Interaction for the Community in Watansoppeng). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51116508_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51116508_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51116508_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51116508_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Muhammad Sholeh Ruslan, E511 16 508 “Warung Kopi Di Kota Kalong (Studi Etnografi Mengenai Sarana Interaksi Bagi Masyarakat di Watansoppeng)”, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Supriadi Hamdat, MA, dan Dr. Tasrifin Tahara, S.Sos, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh apa saja yang sebenanya terjadi di Warung Kopi khususnya di Watansoppeng. Disini kita berbicara tentang keunikan kota Watansoppeng dari sisi interaksi masyarakat yang ada, dimana hal ini sebenarnya bukan cuman kota ini saja yang memiliki cara interaksi yang serupa, tapi salah satu ciri yang diangkat yaitu, masyarakat Watansoppeng yang menjadikan Warung kopi sebagai tempat sarana interaksi.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi dan terlibat langsung di dalam lapangan.
Kesimpulan penelitian ini adalah menggambarkan kegiatan dan interaksi yang terjadi sesama pengunjung di warung kopi. Warung kopi merupakan sarana interaksi sosial, pusat informasi dan sarana hiburan.

Kata Kunci : Warung Kopi, Masyarakat, Sarana Interaksi Sosial, Pusat Informasi dan Sarana Hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Warung Kopi, Masyarakat, Sarana Interaksi Sosial, Pusat Informasi dan Sarana Hiburan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:24
Last Modified: 28 Mar 2024 03:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31509

Actions (login required)

View Item
View Item