KUASA ELIT DALAM POLITIK DESA PUNAGAYA, KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO = THE ROLE OF ELITES IN THE PUNAGAYA VILLAGE HEAD ELECTION, BANGKALA DISTRICT


Ulfanisa, Nadira (2023) KUASA ELIT DALAM POLITIK DESA PUNAGAYA, KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO = THE ROLE OF ELITES IN THE PUNAGAYA VILLAGE HEAD ELECTION, BANGKALA DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041191024_skripsi_26-10-2023 CAVER1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041191024_skripsi_26-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041191024_skripsi_26-10-2023 DP.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041191024_skripsi_26-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nadira Ulfanisa, E041191024. Peran Elit dalam politik Desa Punagaya Kecamatan Bangkala Kabupaten Di bawah bimbingan Ibu Ariana dan Bapak Hariyanto.
Momentum transisi dari otoritarianisme menuju demokrasi yang kemudian ditandai dengan kebijakan otonomi daerah sangat dimanfaatkan oleh kedua kelompok elit untuk berkuasa secara penuh di daerahnya baik berkontestasi untuk menjadi elit pemenang maupun bersinergi satu sama lainyang pada umumnya disatukan melalui jalur perkawinan. Maka tidaklah mengherankan kemudian otonomi daerah melahirkan adanya raja-raja kecil di daerah. Peran elit politik dalam pemilihan Kepala Desa dapat dilihat dari pemilihan Kepala Desa di Desa Punagaya Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.yang dimana Kepala Desa punagaya Sebelum dijabat oleh Andi Pangeran, Jabatan Kepala Desa di pegang oleh Mulyadi Mustamu yang notabenenya merupakan keluarga bangsawan atau Karaeng, dan juga merupakan saudara dari Andi Pangeran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif Analisis data primer dalam penelitian ini melalui proses wawancara mendalam dengan mewawancarai narasumber yang dianggap dapat memberikan informasi terkait peran elit dalam pemilihan Kepala Desa di Desa punagaya. Dalam menganalisis hasil wawancara pada penelitian ini, penulis menggunakan teori elit,teori praktik bourdieu dan konsep pemilihan Kepala Desa untuk melihat kemuculan elit dan peran elit dalam pemilihan Kepala Desa Punagaya.
Hasil penelitian ini menemukan adanya peran elit dalam pemilihan Kepala Desa, yang dimana kemunculan elit yang ada di desa punagaya di pengaruhi oleh budaya kerajaan dan kepercayaan masyarakat di Desa Punagaya terhadap budaya dan struktur masyarakat yang berasal dari tradisi kerajaan dimasa feodalisme dengan mempercayai Karaeng sebagai orang yang harus mempimpin Desatersebut. selain itu penelitian ini juga me nemukan peran yang dilakukan oleh elit pada pemilihan Kepala Desa Punagaya berperan dalam tiga aspek yaitu pemerintahan Desa,Peran di dalam Masyarakat adat, dan peran Dalam perekonomian masyarakat di Desa Punagaya.

Keywords : Elit Politik ,Pemilihan Kepala Desa,Budaya Politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Political Elites, Village Head Election, Political Culture
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:24
Last Modified: 26 Mar 2024 03:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31490

Actions (login required)

View Item
View Item