IMPLEMENTASI BLOCKCHAIN PADA SISTEM E-VOTING BERBASIS MOBILE = BLOCKCHAIN ​​IMPLEMENTATION IN MOBILE-BASED E-VOTING SYSTEMS


Anwar, Irfandi Kurniawan (2023) IMPLEMENTASI BLOCKCHAIN PADA SISTEM E-VOTING BERBASIS MOBILE = BLOCKCHAIN ​​IMPLEMENTATION IN MOBILE-BASED E-VOTING SYSTEMS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D121171504_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D121171504_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D121171504_skripsi_15-11-2023 dp.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D121171504_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Sebagai negara demokrasi terbesar di dunia, Indonesia sering melakukan pemungutan suara. Namun, pada prakteknya terdapat beberapa permasalahan yang menonjol seperti, kekurangan logistik pemilihan, kotak suara yang tidak tersegel dan surat suara yang tertukar.

Untuk mengatasi beberapa permasalahan pemilu konvensional seperti kotak suara yang tidak tersegel dan surat suara yang tertukar dapat dilakukan dengan mengimplementasikan teknologi blockchain pada sistem e-voting. Blockchain merupakan sebuah buku besar bersama yang tidak dapat diubah, mempermudah pencatatan transaksi dan pelacakan aset dalam jaringan. Sistem blockchain menggunakan basis data terdistribusi, dimana setiap block menyimpan kode hash dari block sebelumnya, membentuk rantai yang terhubung dan disimpan pada setiap kode dalam jaringan peer-to-peer.

Salah satu cara untuk mengintegrasikan sistem e-voting dengan blockchain ialah dengan menggunakan smart contract. Smart contract adalah program komputer yang dirancang untuk mengeksekusi, mengelola, dan menegosiasikan kontrak secara otomatis di dalam jaringan blockchain. Smart contract memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi peer-to-peer tanpa melibatkan pihak ketiga dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi seperti e-voting.

Setelah dilakukan penelitian, mengintegrasikan sistem e-voting dan teknologi blockchain dapat dilakukan dengan menggunakan smart contract. Hasilnya sistem e-voting dapat lebih transparan dimana pemilih dan penyelenggara dapat memastikan kebenaran voting, dalam hal dependability sistem juga dapat diandalkan dikarenakan setiap suara yang masuk akan terekam secara permanen pada ledger, selanjutnya pada hal anonymity penyelenggara e-voting dapat memberikan tingkat anonimitas yang lebih tinggi bagi para pemilih. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa smart contract memiliki beberapa vulnerability yang dapat mengakibatkan sistem dapat diretas. Oleh karena itu, penting bagi peneliti untuk menguji smart contract sebelum digunakan.

Kata Kunci: E-Voting, Blockchain, Smart Contract

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Voting, Blockchain, Smart Contract
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:37
Last Modified: 25 Mar 2024 07:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31459

Actions (login required)

View Item
View Item