Damis, Masyhuri (2023) Analisis Stabilitas Tegangan dan Frekuensi pada Sistem Kelistrikan Kapal Lintas Lembar-Padang Bai = Analysis of Voltage and Frequency Stability in the Electrical System of the Lembar-Padang Bai Cross Ship. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D091171015_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg
Download (245kB) | Preview
D091171015_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D091171015_skripsi_15-11-2023 dp.pdf
Download (4MB)
D091171015_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2025.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Sistem kelistrikan merupakan salah satu sistem penunjang kerja utama dikapal yang secara umum terdiri dari sumber daya, sistem distribusi dan peralatan kelistrikan. Generator dikapal keberadaannya sangat vital bagi operasional kapal karena merupakan alat bantu yang fungsinya sebagai sumber pembangkit daya listrik yang ada. Sehingga sangat penting dalam memperhatikan pemilihan kapasitas generator. Pada umumnya dalam penentuan kebutuhan kapasitas daya untuk generator pada kapal dilakukan kalkulasi beban electric balance sesuai kondisi operasional kapal. Sistem tenaga listrik mempunyai variasi beban yang sangat dinamis dimana setiap detik akan berubah-ubah, dengan adanya perubahan ini pasokan daya listrik tetap dan harus disuplai dengan besaran daya yang sesuai. Stabilitas tegangan menunjukkan kemampuan sistem dalam menjaga nilai tegangannya pada kondisi normal maupun setelah terjadi sebuah gangguan. Pemodelan rangkaian dilakukan dari pengumpulan data menggunakan software Electrical Transient Analysis Program. Pemodelan rangkaian ini dilakukan untuk merancang sistem agar proses dapat disimulasikan. Besarnya kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan pada Kapal Lintas Lembar-Padang Bai yaitu untuk kondisi berlayar 411.74 kW, kondisi keluar-masuk Pelabuhan 720.67 kW, kondisi bersandar 76.82 kW, kondisi darurat 82.74 kW. Nilai kestabilan tegangan dan frekuensi pada saat komponen motor kompressor udara dengan daya 4.5 Kw dijalankan tidak mengakibatkan perubahan tegangan yang signifikan berbeda dengan pada saat motor electrcic bow thruster dengan daya 335 Kw dijalankan mengakibatkan tegangan turun menjadi 85% pada detik ke-6.5. Dalam kondisi manuver disarankan menghubungkan 3 generator kedalam sistem, karena apabila hanya ada 2 generator yang dihubungkan kedalam sistem maka akan menimbulkan ketidakstabilan tegangan dan frekuensi.
Keywords : Kestabilan Transien, Tegangan, Frekuensi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transient Stability, Voltage, Frequency |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 02:09 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 02:10 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31423 |