Hubungan Kinerja Operasional dengan tingkat Pelayanan Jasa di Tpk New Makassar Terminal 2 = Relationship between Operational Performance and Service Level at Tpk New Makassar Terminal 2


Anugrah, Pahrizah Puji (2023) Hubungan Kinerja Operasional dengan tingkat Pelayanan Jasa di Tpk New Makassar Terminal 2 = Relationship between Operational Performance and Service Level at Tpk New Makassar Terminal 2. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081191058_skripsi_16-11-2023 caver1.jpg

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081191058_skripsi_16-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081191058_skripsi_16-11-2023 dp.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081191058_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pahrizah Puji Anugrah, D081191058 “Hubungan Kinerja Operasional dengan Tingkat Pelayanan Jasa di TPK New Makassar Terminal 2”. Di bawah bimbingan Ashury dan Chairul Paotonan.
PT. Pelindo TPK New Makassar Terminal 2 merupakan instansi yang bergerak di bidang pelayanan fasilitas bongkar muat petikemas. Dalam pelaksanaan aktivitas bongkar muat petikemas, PT. Pelindo TPK New Makassar Terminal 2 memiliki tanggung jawab penuh dalam memastikan kegiatan bongkar muat dapat berjalan dengan efisien, tanpa adanya hambatan yang dapat menghambat proses bongkar muat. Sebagai penyedia jasa, PT. Pelindo TPK New Makassar Termilal 2 tak luput dari hambatan dan permasalahan yang dialami selama proses bongkar muat, hal ini didukung dengan adanya beberapa komplain dari pihak mitra pengguna jasa yang mengalami keterlambatan petikemas dari waktu yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga menyebabkan kerugian tersendiri bagi pihak mitra pengguna jasa.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan operasional dan bagaimana hubungan kinerja operasional dengan tingkat pelayanan jasa yang disediakan TPK New Makassar Terminal 2.
Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Untuk mencari kualitas layanan operasional digunakan metode rating scale untuk rekapitulasi hasil penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kinerja operasional dengan tingkat pelayanan jasa digunakan metode korelasi Product Moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja operasional bongkar muat yang disedikan oleh TPK New Makassar Terminal 2 cukup baik. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu untuk dibenahi, seperti tejadinya misshandling dan blackout. Selain itu penelitian ini juga menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara kinerja operasional dengan tingkat pelayanan jasa.

Keywords : TPK New Makassar Terminal 2, Kinerja Operasinal Pelabuhan, tingkat Pelayanan Jasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TPK New Makassar Terminal 2, Port Operational Performance, Service Level of Service.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:50
Last Modified: 25 Mar 2024 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31409

Actions (login required)

View Item
View Item