OPTIMALISASI PEMANFAATAN SEWA BARANG MILIK NEGARA DALAM MENINGKATKAN PNBP (STUDI KASUS PADA BENDUNGAN KUWIL KAWANGKOAN DI DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA AIR) = OPTIMIZATION OF THE UTILIZATION OF STATE-OWNED GOODS IN INCREASING PNBP (CASE STUDY AT KUWIL KAWANGKOAN DAM DIRECTORATE GENERAL OF WATER RESOURCES)


Negara, Bella Amanda (2023) OPTIMALISASI PEMANFAATAN SEWA BARANG MILIK NEGARA DALAM MENINGKATKAN PNBP (STUDI KASUS PADA BENDUNGAN KUWIL KAWANGKOAN DI DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA AIR) = OPTIMIZATION OF THE UTILIZATION OF STATE-OWNED GOODS IN INCREASING PNBP (CASE STUDY AT KUWIL KAWANGKOAN DAM DIRECTORATE GENERAL OF WATER RESOURCES). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062212053_tesis_16-08-2023 caver1.jpg

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062212053_tesis_16-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062212053_tesis_16-08-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062212053_tesis_16-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2025.

Download (23MB)

Abstract (Abstrak)

BELLA AMANDA NEGARA. Optimalisasi Pemanfaatan Sewa Barang Milik Negara Dalam Meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (Studi Kasus pada Bendungan Kuwil Kawangkoan di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air). (dibimbing oleh Arifuddin dan Aini Indrijawati). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi aset melalui mekanisme Pemanfaatan Sewa Barang Milik Negara pada Bendungan Kuwil Kawangkoan dalam meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian ini menggunakan informan sebagai sumber informasi utama yang dibutuhkan untuk menganalisis fenomena pada variabel penelitian. Data yang dikumpulkan dari informan penelitian akan digunakan sebagai acuan untuk menganalisis variabel penelitian pada objek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan ruang pada waduk ini masih dirasa kurang mendapatkan perhatian, khususnya pada pengendalian pemanfaatan aset pada Kawasan Bendungan Kuwil Kawangkoan. Pemanfaatan aset pada Bendungan Kuwil Kawangkoan dalam meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air belum optimal karena terdapat objek pemanfaatan yang berjalan tanpa adanya perizinan pemanfaatan aset dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi I yang dilakukan oleh BUMD Pemerintah Provinsi dari Desa Kuwil dan Desa Kawangkoan serta kontraktor selaku pengelola sementara Bendungan Kuwil Kawangkoan. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air meskipun sudah mempunyai pelayanan perizinan tetapi masih terdapat objek pemanfaatan yang berdiri tanpa memiliki izin pemanfaatan aset.

Kata kunci : barang milik negara, optimalisasi pengelolaan barang milik negara, pemanfaatan barang milik negara, sewa, penerimaan negara bukan pajak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: state property, optimizing the management of state property, utilization of state property, rent, non-tax state revenue
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:44
Last Modified: 25 Mar 2024 06:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31404

Actions (login required)

View Item
View Item