Analisis Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Bira Berdasarkan Persepsi Penumpang = analysis of bira ferry port services based on passenger perceptions


Zulkirani, Natasya (2023) Analisis Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Bira Berdasarkan Persepsi Penumpang = analysis of bira ferry port services based on passenger perceptions. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081181013_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D081181013_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081181013_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081181013_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pelabuhan penyeberangan Bira merupakan salah satu pintu gerbang transportasi laut di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Bulukumba   yang melayani arus penumpang dan barang yang berasal dari Desa Bira ke Pulau Selayar, Flores, dan Sumbawa ataupun sebaliknya. Pelabuhan penyebrangan Bira juga dibangun untuk memenuhi kepentingan pemerintah terutama dalam bidang ekonomi. Selama kurun waktu antara tahun 1979-2022, Pelabuhan Bira telah banyak melakukan aktivitas berupa bongkar muat barang dan penumpang serta kendaraan, baik kendaraan beroda dua sampai kendaraan beroda enam. kendaraan, baik kendaraan beroda dua sampai kendaraan beroda enam. Untuk mewujudkan trasportasi yang efektif dan efesiensi, maka harus diarahkan untuk peningkatan pelayanan dengan mempertemukan kepentingan atau harapan baik dari sisi penyedia maupun sisi pengguna jasa angkutan penyeberangan. Sebaiknya pelabuhan di Pelabuhan penyeberangan Bira menjadi salah satu sentral moda transportasi laut di Kabupaten Bulukumba, namun keadaan sekarang masih terdapat komponen-komponen dan pelayanan yang kurang baik seperti permasalahan keberangkatan kapal yang tidak sesuai dengan jadwal tanpa adanya informasi yang jelas dari pihak petugas pelayanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat pelayanan Pelabuhan dan untuk mengetahui komponen yang menyebabkan bertambah dan berkurangnya tingkat pelayanan Pelabuhan di Pelabuhan Penyeberangan Bira. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah disebut pendekatan deskriptif. Penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan menggunakan data yang dinyatakan dalam bentuk angka atas data kuantitatif yang diangkakan dan analisis menggunakan statistik. Hasil data kuesioner tingkat pelayanan pelabuhan penyeberangan Bira berdasarkan beberapa indikator yaitu, dari segi pelayanan, ketepatan waktu, dan ketersediaan fasilitas di pelabuhan memuaskan bagi pelanggan walaupun masih ada permasalahan yang masih dikeluhkan oleh penumpang, yaitu permasalahan keberangkatan kapal yang tidak sesuai dengan jadwal.

Keywords : Tingkat Pelayanan, Waktu Pelayanan, Pelabuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service level, Service time, Port.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:00
Last Modified: 25 Mar 2024 03:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item
View Item