Desain Procurement Management Tools dengan pendekatan Lean Six Sigma – Dmadv untuk meningkatkan daya saing perusahaan perikanan lokal di Sulawesi Selatan = A Design Of Procurement Management Tools Based On The Lean Six Sigma-DMADV To Improve The Competitiveness Of Local Fisheries In South Sulawesi


Kadir, A. M. Yusuf (2023) Desain Procurement Management Tools dengan pendekatan Lean Six Sigma – Dmadv untuk meningkatkan daya saing perusahaan perikanan lokal di Sulawesi Selatan = A Design Of Procurement Management Tools Based On The Lean Six Sigma-DMADV To Improve The Competitiveness Of Local Fisheries In South Sulawesi. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D072211001_tesis_08-08-2023 caver1.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D072211001_tesis_08-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D072211001_tesis_08-08-2023 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D072211001_tesis_08-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2025.

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

A. M. YUSUF KADIR. Desain Procurement Management Tools dengan pendekatan Lean Six Sigma – Dmadv untuk meningkatkan daya saing perusahaan perikanan lokal di Sulawesi Selatan (Dibimbing oleh Kifaya Amar dan Sapta Asmal)
Daya saing suatu perusahaan sagat ditentukan dari kemapuan perusahaan dalam mengoptimalkan potensi yang tersedia dan kemampuan mengelola proses menjadi lebih effektif dengan variasi yang serendah mungkin. Sejauh ini penerapan Lean Six Sigma mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di sektor manufaktur dan jasa. Namun Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berfokus pada pengembangan sistem monitoring yang real-time untuk menjaga variasi pada pengadaaan bahan baku pada rantai pasok dengan tujuan untuk meningkatkan kehandalan operasional dalam hal ketersediaan bahan baku. Metodologi Lean Six Sigma - DMADV (Define, Measure, Analyze, Design, Verify) digunakan untuk melakukan penelitian ini. Studi ini bertujuan untuk mendefinisikan masalah, mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bagian pengadaan, dan menyelidiki potensi penyebabnya. Kemudian, alat dikembangkan untuk memperbaiki variasi pengadaan. Dampak dari Procurement managent tools di verifikasi dengan melihat nilai sigma sebelum dann setelah penerapan Procurement Management Tools yang digunakan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi variasi pengadaan bahan baku adalah kehandalan dari sisi pemasok, kontinuitas kebutuhan dan kehandalan dalam mengelola proses operasional dengan optimalisasi internet dalam implementasi Procurement Management Tools

Keywords : Lean Six Sigma, DMADV, Procurement Management Tools, Daya saing

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lean Six Sigma, DMADV, Procurement Management Tools, competitivenes
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Dec 2023 05:38
Last Modified: 15 Dec 2023 05:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31366

Actions (login required)

View Item
View Item