ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN MOBILE PAYMENT = ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING MOBILE PAYMENT USAGE BEHAVIOR


Boki, Emi (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN MOBILE PAYMENT = ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING MOBILE PAYMENT USAGE BEHAVIOR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062211037_tesis_16-08-2023 caver1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062211037_tesis_16-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (867kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062211037_tesis_16-08-2023 dp.pdf

Download (954kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062211037_tesis_16-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

EMI BOKI. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Penggunaan Mobile Payment (Dibimbing oleh Grace T. Pontoh dan Syarifuddin Rasyid).Pandemi Covid 19 menyebabkan terjadi berbagai perubahan. Salah satunya, yakni pada proses pembayaran yang mengalami dampak yang cukup besar. Sistem pembayaran mengalami perubahan dari penggunaan uang tunai atau melalui transaksi secara langsung menjadi sistem daring tanpa bertatap muka secara langsung dengan menggunakan perangkat seluler atau yang lebih dikenal dengan mobile payment. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, dan subjective norm terhadap perilaku penggunaan mobile payment dengan behavioral intention sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Hasanuddin dengan jumlah responden sebanyak 273 mahasiswa dari Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang masih aktif dan menggunakan mobile payment. Data dianalisis dengan menggunakan Analysis of Moment Strucure (AMOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use, dan behavioral intention berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan mobile payment, sedangkan perceived usefulness, perceived risk, dan subjective norm tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan mobile payment. Hasil lain menunjukkan bahwa behavioral intention memediasi pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk dan subjective norm terhadap perilaku penggunaan mobile payment. Hal ini menunjukkan bahwa mobile payment mudah untuk digunakan sehingga memengaruhi perilaku penggunaan. Namun, persepsi tentang kegunaan atau manfaat dan persepsi risiko tertular virus covid-19 serta pengaruh dari lingkungan sosial seperti orang-orang sekitar tidak memberikan dampak signifikan yang dapat mendorong dan memotivasi dalam menggunakan mobile payment. Tetapi, dengan munculnya niat akan mendorong untuk terus menggunakan mobile payment artinya semakin kuat niat maka semakin sering penggunaan mobile payment dalam melakukan setiap transaksi keuangan.

Kata Kunci : perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, norma subyektif, mobile payment, behavioral intention.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, norma subyektif, mobile payment, behavioral intention
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:04
Last Modified: 22 Mar 2024 07:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31362

Actions (login required)

View Item
View Item