ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN ANALYSIS) DAN STRATEGI PEMASARAN KOMODITAS KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ENREKANG = VALUE CHAIN ANALYSIS AND MARKETING STRATEGY OF ARABICA COFFEE COMMODITIES IN ENREKANG DISTRICT


Musniaty, Musniaty (2023) ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN ANALYSIS) DAN STRATEGI PEMASARAN KOMODITAS KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ENREKANG = VALUE CHAIN ANALYSIS AND MARKETING STRATEGY OF ARABICA COFFEE COMMODITIES IN ENREKANG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071191078_skripsi_15-11-2023 CAVER1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071191078_skripsi_15-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071191078_skripsi_15-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071191078_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kopi memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. Namun secara regional belum dinikmati secara adil oleh pelaku komoditas, permasalahan yang dialami petani yaitu pendapatan yang diterima petani tidak sebanding dengan perjuangan petani untuk mengusahakan kopinya. Permasalahan lainnya adalah nama Enrekang sebagai kawasan penghasil kopi belum diketahui secara luas oleh masyarakat non Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan analisis rantai nilai untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada setiap aktivitas pelaku rantai nilai agar dapat meningkatkan rantai nilai sehingga dapat mengarah pada keseimbangan margin. Kemudian memberikan usulan strategi pemasaran menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil penelitan ini menunjukkan, margin yang didapatkan secara berturut�turut untuk petani, pengepul, manufaktur, dan pedagang toko adalah sebesar 36,79%, 2,78%, 93,72%, dan 2,23%. Margin besar yang didapatkan oleh manufaktur disebabkan dari produk yang dihasilkannya merupakan produk jadi yang memiliki nilai tambah lebih. Sedangkan, margin kecil yang diperoleh pedagang toko disebabkan dari strategi pemasaran yang belum maksimal. Adapun usulan strategi yang dapat diberikan untuk meningkatkan rantai nilai komoditas kopi arabika, yaitu meningkatkan pengetahuan, sarana, dan prasarana serta perbaikan industrialisasi hilir bagi petani kopi. Melakukan diversivikasi pasar dan meningkatkan pengetahuan mengenai teknik pemilahan kopi berkualitas bagi pengepul. Meningkatkan kompetensi dan pengetahuan bagi pelaku manufaktur. Selain itu, berdasarkan metode TOPSIS terdapat lima alternatif usulan strategi pemasaran kopi arabika, yaitu menggunakan media periklanan bervariasi dan mudah ditemukan, melakukan public relation, menentukan lokasi toko yang strategis, menetapkan harga jual yang kompetetif, dan mengemas produk kopi arabika dalam bentuk yang menarik.

Keywords : Kopi arabika, Analisis Rantai Nilai, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arabica coffee, Value Chain Analysis, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:58
Last Modified: 22 Mar 2024 06:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31349

Actions (login required)

View Item
View Item