DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK : STUDI FENOMENOLOGI TENTANG MAKNA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK = DIGITALIZATION OF PUBLIC SERVICE: A PHENOMENOLOGICAL STUDY OF THE MEANING OF INFORMATION TECHNOLOGY IN INCREASING THE QUALITY OF PUBLIC SERVICES


Wardani, Reski (2023) DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK : STUDI FENOMENOLOGI TENTANG MAKNA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK = DIGITALIZATION OF PUBLIC SERVICE: A PHENOMENOLOGICAL STUDY OF THE MEANING OF INFORMATION TECHNOLOGY IN INCREASING THE QUALITY OF PUBLIC SERVICES. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062211024_tesis_18-08-2023 caver1.jpg

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062211024_tesis_18-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062211024_tesis_18-08-2023 dp.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062211024_tesis_18-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengetahui makna teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Jenis penelitian bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi untuk memahami fenomena secara komprehensif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap informan yang mengurus perizinan. Data fenomenologi dianalisis berdasarkan pemikiran Edmund Husserl, yaitu epoche, noema, noesis, intentional analysis, dan eidetic reduction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat makna teknologi informasi. Pertama, Teknologi informasi adalah alat untuk memperoleh dan menyebarkan informasi secara cepat. Teknologi informasi, seperti smartphone atau handphone sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat yang memungkinkan untuk memperoleh informasi secara cepat. Perkembangan Teknologi telah banyak memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi karena informasi tersebut dapat diperoleh melalui handphone kapan pun dan dimana pun tanpa menunggu lagi. Kedua, teknologi informasi sebagai alat komunikasi dapat digunakan untuk menelpon orang-orang terdekat seperti keluarga dan menghubungkan yang jauh sehingga terasa dekat. Penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk berkomunikasi memberi kemudahan, yaitu masyarakat dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat. Ketiga, Teknologi informasi sebagai lifestyle dalam kehidupan sehari-hari. Secara luas dapat dimaknai bahwa perkembangan teknologi telah menjadikan teknologi sebagai gaya hidup, yaitu segala sesuatu telah menggunakan teknologi dan berdampingan dengan hidup masyarakat. Keempat, teknologi informasi sebagai barang berharga, yaitu teknologi dapat membuat kita dapat mengakses hal-hal yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Keywords : digitalisasi, kualitas, pelayanan publik, teknologi informasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: digitalization, quality, public service, information technology
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:18
Last Modified: 14 Dec 2023 02:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31338

Actions (login required)

View Item
View Item