Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan pada Bimbingan Belajar Amsterdam Institute dengan Metode Servqual, PGCV, dan TRIZ = Analysis of Education Services Quality at Amsterdam Institute with Servqual, PGCV, and TRIZ methods.


Fadiyah, Azzah (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan pada Bimbingan Belajar Amsterdam Institute dengan Metode Servqual, PGCV, dan TRIZ = Analysis of Education Services Quality at Amsterdam Institute with Servqual, PGCV, and TRIZ methods. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071191036_skripsi_15-11-2023 CAVER1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071191036_skripsi_15-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071191036_skripsi_15-11-2023 DP.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071191036_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2025.

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Kualitas pelayanan merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk mempertahankan bisnisnya, tak terkecuali perusahaan di bidang jasa pendidikan. Bimbingan belajar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Kebutuhan akan bimbingan belajar kian meningkat sehingga semakin membuka peluang bagi usaha-usaha tersebut. Namun, hal tersebut juga menyebabkan semakin banyaknya usaha bimbingan belajar yang bermunculan. Amsterdam Institute merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar di Makassar dengan lokasi yang memiliki banyak perusahaan sejenis di dekatnya, sehingga memiliki persaingan yang ketat.
Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kualitas layanan jasa di Amsterdam Institute serta memberikan rekomendasi perbaikan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.
Penelitian ini menggunakan metode servqual untuk menghitung tingkat kualitas pelayanan Amsterdam Institute berdasarkan kuesioner yang dibagian. Selain itu, digunakan metode PGCV untuk menentukan urutan prioritas perbaikan dan selanjutnya solusi perbaikan didapatkan dengan metode TRIZ yang digunakan untuk analisis kontradiksi.
Hasil penelitian ini adalah berupa nilai tingkatan kualitas dari Amsterdam Institute, urutan prioritas atribut perbaikan, dan solusi perbaikan. Tingkat kesesuai total dari kualitas Amsterdam Institute berdasarkan ekspektasi dan persepsi siswa adalah sebesar 96,022%. Kemudian didapatkan 10 atribut prioritas pebaikan. Adapun solusi perbaikan yang didapatkan adalah melakukan beberapa pengadaan, yaitu ember dan sabun pada tiap wc, kotak saran pada tiap lantai, sudut baca pada ruang tunggu, serta penambahan kursi dan meja pada ruang tunggu. Selain itu, perlu menambah jumlah pengajar dan menyediakan layanan registrasi online yang dibuka lebih panjang, serta menambah fitur kritik dan saran, konsultasi, laporan pembelajaran, video pembelajaran, dan kelas tambahan pada website.

Keywords : Analisis Kualitas, Kualitas Pelayanan, Servqual, TRIZ, PGCV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quality Analysis, Service Quality, Servqual
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:32
Last Modified: 14 Dec 2023 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31335

Actions (login required)

View Item
View Item