Analisis Isi Kritik Politik Terhadap Pemerintah Melalui Stand Up comedy (Studi Kasus Hacker Bjorka) = Content Analysis of Political Criticism of the Government Through Stand Up Comedy (Case Study of Bjorka Hacker)


Sandi, Reski Erik (2023) Analisis Isi Kritik Politik Terhadap Pemerintah Melalui Stand Up comedy (Studi Kasus Hacker Bjorka) = Content Analysis of Political Criticism of the Government Through Stand Up Comedy (Case Study of Bjorka Hacker). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041191020_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041191020_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041191020_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041191020_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
RESKI ERIK SANDI. NIM E041191020. ANALISIS ISI KRITIK POLITIK TERHADAP PEMERINTAH MELALUI STAND UP COMEDY (STUDI KASUS HACKER BJORKA), Dibimbing oleh Pembimbing utama Dr. Ariana Yunus, S.IP, M.Si. dan pembimbing pendamping Andi Naharuddin, S.IP, M.Si.

Seiring perkembangan zaman, pergeseran bentuk pemanfaatan teknologi, kritik politik dan kampanye dalam demokrasi juga ikut mengalami keterbukaan. Keterbukaan masa demokrasi memberi ruang lebar untuk tiap orang menuangkan gagasan tentang banyak hal, salah satunya dalam konteks kritikan kepada pejabat melalui Stand Up Comedy. Adapun topik yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah studi tentang bagaimana Stand Up Comedy mempengaruhi opini publik tentang pemerintah dan isu-isu politik serta Analisis isi konten dari Stand Up Comedy yang menyampaikan kritik terhadap pemerintah, termasuk tema-tema yang dibahas dan cara komedian menyampaikan kritiknya. tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Menganalisis isi wacana kritik yang disampaikan komedian melalui Stand Up Comedy tentang tema hacker Bjorka.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan postruktural dan teori retorika politik yang dianalisis menggunakan model analisis wacana kritis Teun Van Djik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan studi pustaka. Sumber data primer berasal dari seluruh narasi dan visual penampilan Stand Up Comedy Kak Onyot dalam dua video di Channel Youtube Kak Onyot. Sumber data sekunder berasal dari kajian pustaka yang relevan.
Dari analisis wacana yang telah dilakukan oleh penulis dan dikolaborasikan dengan pendekatan postruktural maka telah ditemukan hasil. Dalam hal ini, Kominfo sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap pengamanan data dan cyber di Indonesia menjadi target kritik. Dalam kalimat-kalimat yang disampaikan dalam video tersebut, terdapat kalimat-kalimat kritik yang menunjukkan bahwa Kak Onyot merasa bahwa Kominfo belum mampu menjalankan tugasnya dengan baik, terutama dalam mengatasi serangan hacker dan kebocoran data pribadi.

Keywords : Kritik, Stand Up Comedy, Hacker, Pemerintah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Criticism, Stand Up Comedy, hacker, government.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:49
Last Modified: 22 Mar 2024 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31320

Actions (login required)

View Item
View Item