Etnisitas Dalam Birokrasi (Studi Kasus Etnis Jawa di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Luwu Utara) = Ethnicity in Bureaucracy (Case Study of Javanese Ethnicity in the Government of Luwu Utara Regency)


Ilham S, Muh. (2023) Etnisitas Dalam Birokrasi (Studi Kasus Etnis Jawa di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Luwu Utara) = Ethnicity in Bureaucracy (Case Study of Javanese Ethnicity in the Government of Luwu Utara Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041181325_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041181325_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041181325_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041181325_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat dan pejabat beretnis Jawa memengaruhi penentuan konfigurasi dalam birokrasi pemerintahan Luwu Utara dan juga untuk mengetahui apa implikasi posisi pejabat beretnis Jawa di dalam birokrasi pemerintahan Luwu Utara terhadap komunitasnya di Kabupaten Luwu Utara. Keterlibatan etnis Jawa dalam birokrasi Kabupaten Luwu Utara sebagai etnis pendatang yang pada awalnya merupakan kelompok masyarakat yang begitu termarjinalkan, mampu bangkit menjadi sebuah kekuatan politik dan ekonomi yang baru di Kabupaten Luwu Utara. Adanya representasi dari etnis tersebut dalam tubuh birokrasi pemerintah daerah diharapkan mampu menjadi penghubung antara kelompok etnis mereka dengan pemerintahannya, dan diharapkan representasi tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi komunitasnya.
Untuk melihat bagaimana etnis digunakan sebagai salah satu faktor dalam menentukan konfigurasi birokrasi, dan bagaimana akhirnya bisa memberikan dampak terhadap komunitas etnis tersebut, maka teori yang digunakan adalah teori instrumentalisme etnis Brubaker. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penentuan konfigurasi birokrasi di Luwu Utara yang ditentukan secara subjektif oleh bupati memiliki celah yang memungkinkan kelompok etnis Jawa yang begitu solid mampu mendelegasikan representasi mereka dalam tubuh birokrasi Luwu Utara, sebagai imbalan dukungan politis yang solid di empat kecamatan transmigrasi di Luwu Utara. Penggunaan identitas etnis oleh komunitas etnis Jawa di Luwu Utara memberikan dampak yang cenderung positif bagi komunitasnya, seperti peningkatan kepentingan ekonomi kelompok etnis dan peningkatan partisipasi politik serta akses pada kekuasaan politik. Dalam konteks birokrasi pemerintahan, penggunaan identitas etnis dapat mempengaruhi dinamika politik di Luwu Utara dan perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah dan masyarakat secara luas.

Keywords : Etnisitas, Birokrasi, Luwu Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ethnicity, Bureaucracy, North Luwu
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:37
Last Modified: 14 Dec 2023 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31315

Actions (login required)

View Item
View Item