Hubungan Intensitas Penggunaan Game Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Universitas Hasanuddin


Dodi, Dodi (2023) Hubungan Intensitas Penggunaan Game Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Universitas Hasanuddin. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of R011191119_skripsi_04-08-2023 cover1.png]
Preview
Image
R011191119_skripsi_04-08-2023 cover1.png

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of R011191119_skripsi_04-08-2023 1-2.pdf] Text
R011191119_skripsi_04-08-2023 1-2.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of R011191119_skripsi_04-08-2023 dp.pdf] Text
R011191119_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of R011191119_skripsi_04-08-2023.pdf] Text
R011191119_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dodi R011191119. Hubungan Intensitas Penggunaan Game Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Universitas Hasanuddin, dibimbing oleh Takdir Tahir dan Arnis Puspitha R (xiii + 128 Halaman + 11 Tabel + 9 Lampiran) Latar Belakang: Game merupakan suatu permainan. Game sedang populer dikalangan masyarakat tua maupun muda terutama dikalangan mahasiswa. Intensitas bermain game pada mahasiswa ternyata memiliki beberapa dampak positif dan negatif bagi mahasiswa. Salah satunya, pemakaian yang berlebihan mampu mempengaruhi minat dan waktu belajar dalam mengemban presetasi akademik dari mahasiswa. Tujuan: Hubungan Intensitas Bermain Game Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Universitas Hasanuddin Metode: Penelitian ini amerupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode cross sectional. Menggunakan instrument Kuesioner CSV-S (zum computerspielverhalten)/ Scale for the Assessment of Pathological Computer-Gaming. Dengan teknik purposive sampling. Responden pada penelitian ini sebanyak 256 orang. Hasil: Didapatkan hasil durasi bermain game Mahasiswa Keperawatan Universitas Hasanuddin tiap hari paling banyak 96,5% dengan intensitas sedang di bawah 4 jam,sedangkan durasi per pekan paling banyak 93,4% dengan intensitas sedang dibawah 20 jam. Untuk frekuensi seberapa sering bermian game paling banyak 80,1% dengan frekuensi yang jarang. Sehingga diperoleh Intensitas bermain game Mahasiswa Keperawatan Universitas Hasanuddin, diperoleh jumlah paling banyak 75,8% dengan intensitas ringan dan intensitas yang kuat dengan jumlah 24,2%. Kesimpulan: Didapatkan intensitas bermain game Mahasiswa mayoritas semuanya rendah. Sehingga hasil penelitian juga menunjukkan kondisi IPK mahasiswa yang rata-rata tinggi artinya tidak ada pengaruh dengan intensitas bermain game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:54
Last Modified: 14 Dec 2023 06:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31305

Actions (login required)

View Item
View Item