TRANSPARANSI PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH ( BAPPELITBANGDA) KABUPATEN LUWU = TRANSPARENCY FOR REGIONAL DEVELOPMENT PLAN PREPARATION IN REGIONAL DEVELOPMENT PLANNING, RESEARCH AND DEVELOPMENT AGENCY (BAPPELITBANGDA) LUWU DISTRICT


Irfan, Irfan (2023) TRANSPARANSI PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN DAERAH PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH ( BAPPELITBANGDA) KABUPATEN LUWU = TRANSPARENCY FOR REGIONAL DEVELOPMENT PLAN PREPARATION IN REGIONAL DEVELOPMENT PLANNING, RESEARCH AND DEVELOPMENT AGENCY (BAPPELITBANGDA) LUWU DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012192002_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012192002_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012192002_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012192002_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Transparansi penyusunan rencana pembangunan daerah pada badan perencanaan pembangunan, penelitian, dan pengembangan daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Luwu. (dibimbing oleh Nurdin Nara dan Gita Susanti).
Penelitian ini ingin melihat aspek transparansi dalam proses penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024 pada Kabupaten Luwu. Dari sisi transparansi penelitian ini akan berusaha menjelaskan akses informasi, akuntabilitas, legitimasi dan kepecayaan masyarakat pada pemerintah dalam seluruh tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena obyek yang diteliti adalah fenomena sosial yang berhubungan dengan perilaku manusia dan proses kerja. Data yang dikumpulkan dari wawancara dengan informan dan studi literatur menemukan bahwa pengakuan hak atas informasi oleh birokrat masih minim sehingga hal yang sudah di diskusikan bersama dengan legislatif sudah cukup. Selain itu penilaian kepatutan dari warga menunjukkan bahwa proses penyusunan RPJMD sebagai produk kebijakan hukum daerah telah melalui proses panjang sehingga layak untuk dilaksanakan meskipun sulit melihat komitmen pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah sesuai agenda utama yang tertuang dalam RPJMD. Selain itu, meskipun ada upaya pemanfaatan teknologi dalam menyebarluaskan informasi mengenai dokumen RPJMD namun ternyata hal itu tidak meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa perencanaan tersebut disusun berdasarkan asas kepentingan masyarakat.

Keywords : Transparansi dan Perencanaan Pembangunan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Transparency and Development Planning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:26
Last Modified: 11 Dec 2023 01:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31228

Actions (login required)

View Item
View Item